Puncak Musim Hujan di Bogor Diprediksi pada Februari 2020

    Rizky Dewantara - 28 November 2019 10:00 WIB
    Puncak Musim Hujan di Bogor Diprediksi pada Februari 2020
    Ilustrasi. (Foto: MI/Susanto)
    Bogor: Stasiun Meteorologi Kelas III Citeko, Bogor, Jawa Barat, memprediksi puncak musim hujan di wilayah Bogor akan terjadi pada Februari 2020.

    "Suatu daerah dinyatakan musim hujan jika memiliki curah hujan di atas 50 milimeter per dasarian dan diikuti tiga dasarian berikutnya secara terus menerus," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Citeko, Bogor, Asep Firman Ilahi, Rabu, 27 November 2019.

    Asep menjelaskan, meski sebagian wilayah Bogor telah memasuki musim hujan namun puncaknya akan terjadi beberapa bulan kemudian.

    "Pantauan dasarian II pada 11-20 November, curah hujan di wilayah Puncak Bogor sudah 51,2 milimeter per dasarian. Semoga ini diikuti tiga dasarian berikutnya," tambah dia.

    Menurut Asep wilayah Kota Bogor dan Bogor Barat sudah masuk musim hujan sejak awal November. Namun di wilayah Bogor Selatan seperti Megamendung hingga Puncak Cisarua, sampai Dasarian I November belum menunjukkan awal musim hujan sesuai kriteria Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

    "Menurut saya pada dasarian II Desember, wilayah Bogor Selatan mulai memasuki musim hujan. Sehingga puncak musim hujan di seluruh wilayah Bogor akan terjadi pada 2020," jelas dia.

    Berdasarkan Indeks Osilasi Selatan (SOI) atau anomali, kata Asep, perbedaan tekanan udara permukaan pada kondisi normal. Diperkirakan akhir musim hujan pada bulan Mei 2020.

    "Jadi musim hujan di wilayah Bogor akan berakhir pada Mei 2020, berdasarkan dinamika atmosfer global, dengan kondisi indeks osilasi selatan pada keadaan normal," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id