Dorong Ekonomi, Babel Kembangkan 21 Objek Wisata

    Antara - 28 September 2021 13:22 WIB
    Dorong Ekonomi, Babel Kembangkan 21 Objek Wisata
    Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah (tengah) saat berkunjung di objek wisata Danau Pading, Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah (Aprionis)



    Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung fokus mengembangkan 21 objek wisata. Hal itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dalam mendorong perekonomian masyarakat pascapendemi covid-19.

    "Di masa pemulihan pasca-pandemi ini, kami menyakini pariwisata menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah di Pangkalpinang, Selasa, 28 September 2021.

     



    Ia mengatakan, saat ini Pemprov Kepulauan Babel memfokuskan pengembangan 21 objek wisata unggulan di 7 kabupaten/kota. Atara lain Museum Timah, Pantai Pasir Padi, Kampung Melayu Tua Tunu, Puri Tri Agung, Pantai Penyusuk dan Pulau Putri.

    Selanjutnya Objek Wisata Gunung Maras dan Air Terjun Maruyan, Wisma Ranggam, Pasangrahan Manumbing, Pantai Batu Rakit, Desa Wisata Perlang, Kuling Biru, Mangrove Munjang, Batu Belimbing, Mangrove Tukak Sadai, Benteng Toboali, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Geosite Bukit Peramun, Geosite Tebat Rasau, Geosite Open Pit Namsalu, dan Geosite Pantai Burong Mandi Belitung.

    "Sektor pariwisata bisa memberikan multiflyer effect mendorong sektor-sektor lain seperti UMKM, usaha jasa, ekonomi kreatif, yang kesemuanya itu bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat di Babel," ujarnya.

    Baca: Dinkes Imbau Orang Tua Tidak Sembarangan Ajak Anak ke Mal

    Menurut dia Bangka Belitung sudah punya modal dasar, yakni potensi alam. Sebagai sektor yang ramah terhadap lingkungan, sektor pariwisata terbukti bisa menjadi penopang kehidupan masyarakat pada pasca timah.

    "Potensi alam kita sangat luar biasa, mulai dari potensi wisata bahari, wisata mangrove, hingga wisata buatan yang memanfaatkan lokasi-lokasi bekas tambang," jelasnya.

    Ia menambahkan, berdasarkan data BPS Provinsi Kepulauan Babel pertumbuhan kunjungan wisatawan nusantara dari Januari-Juni 2021 tercatat sebanyak 143.338 orang sedangkan wisatawan mancanegara berjumlah 413 orang.

    "Di tengah pendemi ini, kunjungan wisatawan tumbuh positif dan ini akan terus meningkat seiring ditingkatkannya sarana dan prasana di objek wisata unggulan di negeri serumpun sebalai ini," ungkapnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id