Pencarian 17 Korban Hilang KMP Yunicee Disetop

    Amaluddin - 06 Juli 2021 09:33 WIB
    Pencarian 17 Korban Hilang KMP Yunicee Disetop
    Personel Basarnas Surabaya tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (30/6/2021), untuk membantu pencarian korban kecelakaan KMP Yunicee di Selat Bali. (ANTARA/Novi H.)



    Surabaya: Basarnas telah menghentikan pencarian 17 korban tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali, Gilimanuk, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin, 5 Juli 2021. Hingga tujuh hari proses pencarian, korban meninggal akibat kecelakaan kapal itu mencapai sembilan orang.

    "Kemarin Minggu ada dua korban ditemukan, jadi total ada sembilan orang yang telah ditemukan meninggal. Sementara 17 orang belum ditemukan, hingga proses pencarian dihentikan," kata Kepala Seksi dan Operasi Siaga Basarnas Jatim, I Wayan Suyatna, dikonfirmasi, Selasa, 6 Juli 2021.

     



    Wayan menjelaskan, Tim Gabungan telah berupaya melakukan pencarian 17 korban tenggelamnya KMP Yunicee. Namun tak juga membuahkan hasil. Kini, proses pencarian dihentikan, tepatnya tujuh hari pasca kecelakaan kapal tersebut.

    "Kami telah berupaya maksimal, tapi 17 korban yang hilang juga belum ditemukan. Sesuai prosedur dan UU pencarian selama tujuh hari, sehingga proses pencarian dihentikan," katanya.

    Baca: TNI AL Temukan Titik Lokasi Tenggelamnya KMP Yunice

    Wayan mengaku sempat minta bantuan masyarakat dan nelayan, dalam proses pencarian tersebut. Bahkan, pencarian belasan korban hilang itu dilakukan hingga 25 mil dari perairan Gilimanuk. Namun hasilnya tetap nihil.

    "Tapi, kami saat ini tetap standby, jika sewaktu-waktu ada penemuan korban hilang, Tim SAR akan langsung terjun ke lokasi," katanya.

    Seperti dimetahui, KMP Yunicee yang melayani penyeberangan di Selat Bali tenggelam di posisi Utara lampu merah Gilimanuk, Bali sekira pukul 18.00 WIB, Selasa, 29 Juni 2021. Berdasarkan data dari keseluruhan passangger on board (POB), KMP Yunice mengangkut sebanyak 77 orang. Sebanyak 51 orang di antaranya selamat, sembilan meninggal dunia, dan 17 korban lainnya dinyatakan hilang.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id