Imbas Korona di Daerah Dalam Sepekan

    Deny Irwanto - 29 Maret 2020 07:56 WIB
    Imbas Korona di Daerah Dalam Sepekan
    ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Wabah virus korona (covid-19) melanda sejumlah daerah di Indonesia. Pemerintah daerah maupun polisi daerah mengambil sejumlah langkah untuk menekan penyebaran covid-19 lebih luas.

    Virus yang sudah menjangkit beberapa negara itu juga turut menyerang pejabat daerah. Bahkan beberapa sentra ekonomi ikut goyang akibat covid-19.

    Berikut beberapa kejadian dalam sepekan terakhir, 23-27 Maret 2020 yang dirangkum Medcom.id;

    Tempat Hiburan Malam di Jatim Akan Ditutup

    1. Polda Jawa Timur akan menutup paksa tempat hiburan malam jika membandel dan masih beroperasi. Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan, mengatakan langkah ini dilakukan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Forkopimda Jatim. Ia tak ingin sebanyak 41 warga Jatim pada Senin, 23 Maret 2020 yang dinyatakan positif korona terus bertambah.

    Baca selengkapnya di sini

    Wakil Wali Kota Bandung dan Bupati Karawang Positif Korona

    2. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dinyatakan positif terpapar covid-19, setelah melakukan tes. Kepastian itu diungkapkan langsung Yana melalui video berdurasi 47 detik.

    Wali Kota Bandung, Oded M Danial, pun membenarkan jika Yana telah melakukan tes deteksi korona. Yana pun harus menjalani perawatan di rumah sakit.

    Baca selengkapnya di sini

    Sementara Bupati Karawang, Cellica Nurrachdiana, dinyatakan positif terjangkit virus korona (covid-19). Cellica terjangkit virus korona seusai mengikuti acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Barat di Swiss-Bellin Hotel, Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    Guru Besar UGM Meninggal karena Korona

    3. Virus korona juga menjangkit Guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM), Iwan Dwiprahasto. Bahkan Iwan yang sudah mendapat perawatan beberapa hari di RSUP Dr Sardjito meninggal pada Selasa dinihari, pukul 00.04 WIB, 24 Maret 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    Kongko di Kafe Bisa Dipidana

    4. Polresta Malang Kota, Jawa Timur, memastikan menegakkan kebijakan social distancing yang digagas pemerintah pusat. Masyarakat yang masih berkeliaran atau berkerumun tak hanya akan dibubarkan, potensi pidana pun mengintai.

    "Saya tegaskan saat ini bukan lagi tahap sosialisasi, tapi penindakan (pidana). Masyarakat, komunitas yang berkumpul di kafe atau tempat ngopi hingga larut malam harus langsung dibubarkan," kata Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata, Senin malam, 23 Maret 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    Akses Masuk Papua Ditutup akibat Korona

    5. Pemerintah Provinsi Papua menutup akses menuju wilayahnya pascadua warga di Kabupaten Merauke dinyatakan positif terjangkit virus korona (covid-19). Penutupan akses masuk berlaku hingga 14 hari ke depan.

    Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, akses yang ditutup antara lain jalur penerbangan, pelabuhan, hingga di wilayah lintas batas. "Tidak ada istilah lockdown. Ini hanya pembatasan sosial. Wilayah adat Lapago, Meepago, dan Animha ditutup karena rawan penyebaran covid-19,” kata Lukas, Selasa malam, 24 Maret 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    Kepulangan 4.000 TKI ke Sumut Dipantau

    6. Pemerintah daerah tidak ingin kecolognan dengan adanya penyebaran virus korona dari luar. Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menginstruksikan setiap kepala daerah di kota/kabupaten memantau sekitar 4.000 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang segera kembali ke Sumut dari berbagai negara.

    Baca selengkapnya di sini

    Ibunda Jokowi Meninggal di RST Slamet Riyadi Solo

    7. Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo, sekitar pukul 16.45 WIB, Rabu, 25 Maret 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    Ribuan Pemudik DIY Asal Jakarta Diawasi

    8. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan pihaknya tengah mengawasi ribuan orang yang telah mudik ke wilayahnya. Diduga pemudik berasal dari wilayah penyebaran virus korona (covid-19), salah satunya Jakarta.

    Dia memperkirakan ada sekitar 1.000 orang tiba di Yogyakarta. Dia meminta warga yang baru tiba untuk mengisolasi diri selama 14 hari.

    Baca selengkapnya di sini

    Pondok Aren Sumbang Kasus Koroma Tertinggi di Tangsel

    9. Wilayah Kecamatan Pondok Aren, menyumbang angka tertinggi infeksi virus korona (covid-19) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Selanjutnya disusul wilayah Kecamatan Serpong dan Pamulang.

    Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangerang Selatan, Tulus Muladiono, merinci angka penyebaran covid-19 di Kecamatan Pondok Aren tercatat 61 ODP, 38 PDP, sembilan orang positif virus korona, dan dua orang meninggal.

    Baca selengkapnya di sini

    PMI Jepara Krisis Persediaan Darah

    10. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami krisis stok darah terutama golongan A dan O. Ketua PMI Cabang Jepara, Sutejo, mengatakan krisis stok darah terjadi seiring meningkatnya pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) berkait penyebaran virus korona covid-19.

    Baca selengkapnya di sini

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id