comscore

Sumsel Optimistis Target 44 Persen Sensus Penduduk Daring Tercapai

Gonti Hadi Wibowo - 17 Februari 2020 13:46 WIB
Sumsel Optimistis Target 44 Persen Sensus Penduduk Daring Tercapai
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah)
Palembang: Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan menargetkan 44 persen keberhasilan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara daring. Sebanyak 12 ribu petugas dikerahkan membantu masyarakat mengisi data SP2020 daring di 17 kabupaten/kota. 

“Kami optimistis target 44 persen dari pusat untuk Sumsel SP2020 secara daring bisa terlampaui karena kami telah sosialiasi hingga ke tingkat RT,” kata Kepala BPS Sumatra Selatan Endang Tri Wahyuningsih, Senin, 17 Februari 2020.
Endang mengatakan kendala utama penyelenggaraan SP2020 secara daring yakni masih banyak masyarakat yang awal ponsel pintar atau bahkan tak memilikinya. Termasuk permasalahan jaringan seluler yang tak menjangkau wilayah terpencil.

“Petugas kami akan datang langsung dan masyarakat nantinya bisa memiliki opsi yakni mengisi data via smartphone milik petugas atau mengisi kuisioner agar pengolaan data dilakukan dengan cepat dan tepat,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru berharap BPS dapat melaksanakan sensus penduduk dengan cepat dan tepat waktu. 

“Semua pihak harus turut andil untuk menyukseskan sensus penduduk. Dari tingkat RT mengimbau masyarakat memberikan data dengan sejujur-jujurnya," jelas Herman.

Menurutnya, kesuksesan SP2020 daring penting bagi berbagai jenjang pemerintahan karena data ini akan menjadi pijakan pemerintah untuk melanjutkan pembangunan di Sumsel.

"Dengan SP2020 daring tentu lebih memudahkan dan tidak membuang waktu, juga pasti akurat. Saya harap ini dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

SP2020 dapat diakses oleh masyarakat melalui bps.go.id mulai 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. Selanjutnya, masyarakat tinggal mengikuti tata cara yang sudah tertera dalam laman tersebut.



(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id