Pemkot Tangerang Minta BBWSCC Normalisasi Sungai Cirarab

    Hendrik Simorangkir - 06 Februari 2020 08:27 WIB
    Pemkot Tangerang Minta BBWSCC Normalisasi Sungai Cirarab
    Sungai Cirarab, di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
    Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, meminta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) bisa menormalisasi sungai Cirarab. Aliran sungai yang melintasi Kecamatan Periuk itu diduga menjadi sebab banjir di sejumlah titik di Kota Tangerang. 

    "Kebetulan hari ini ada kunjungan dari perwakilan BBWS, sebelumnya kita sudah ajukan rencana normalisasi sungai," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Rabu, 5 Februari 2020.

    Arief menjelaskan permintaan itu bukan tanpa alasan. Daya tampung sungai Cirarab dinilai tak mampu menampung kiriman air dari hulu. Terlebih selama musim hujan.

    "Seperti sekarang, akhirnya air limpas ke perumahan. Padahal sudah ada turap. Pemkot juga akan bersurat ke Pemprov Banten untuk pengerukan Situ Bulakan dan penertiban bangunan liar di sekitarnya," jelas dia.

    Sementara itu, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWSCC, Wijayanto, menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti permintaan Pemkot Tangerang terkait normalisasi sungai.

    "Kita lakukan pengecekan sungai dan uji coba kecepatan arus. Ternyata memang ada penurunan kecepatan dibandingkan di wilayah hulu," ungkapnya.

    Menurut Wijayanto, kecepatan aliran sungai Cirarab dihitung dengan cara sederhana. Sungai diukur sepanjang 29 meter, lalu sebuah kayu diapungkan, dibawa aliran sungai, ke titik yang ditentukan. Hasilnya, waktu yang didapat dari kayu yang diapungkan ke titik yang ditentukan selama 49 detik.

    "Dari hitungan tersebut, ada perlambatan sekitar 0,5 meter/detik akibat terhalang jembatan di Kotabumi sehingga perlu dilakukan normalisasi," jelasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id