Sujud Syukur dan Lara Imbas Korona

    Lukman Diah Sari - 04 April 2020 07:00 WIB
    Sujud Syukur dan Lara Imbas Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Jumlah pasien positif virus korona (covid-19) di Indonesia terus bertambah, teranyar pada 3 April 2020, tercatat 1.986 pasien positif korona dengan total kematian 181 jiwa, dan pasien sembuh 134 orang. 

    Imbas korona memunculkan sejumlah kebijakan yang berdampak ke daerah, demi mencegah penyebaran korona. Di antaranya karantina wilayah secara mandiri, pembebasan narapidana, pelarangan mudik, dan pemberlakukan jam malam.

    Selain itu, kepala daerah pun mewacanakan memotong gaji aparatur sipil negara (ASN) untuk penanganan korona. Serta penyediaan lahan pemakaman untuk pasien meninggal korban korona.

    Berikut laporang berita daerah dalam sepekan ke belakang:

    1. Sujud Syukur Narapidana Dibebaskan Imbas Korona

    Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerbitkan aturan soal pembebasan 30 ribu narapidana umum dan anak di tengah pandemi korona. Ribuan napi di daerah tercatat telah dibebaskan. 

    Di antaranya, 3.177 narapidana di Banten, 1.362 napi di Aceh, 500 narapidana di Malang, Jawa Timur; 295 narapidana di Kota Depok, Jawa Barat, 127 narapidana di Sidoarjo, Jawa Timur; dan 58 narapidana di Jepara, Jawa Tengah; dibebaskan. Total Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) telah melepaskan  13.430 narapidana, selengkapnya di sini

    2. Kondisi Kepala Daerah Positif Covid-19 Membaik

    Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif covid-19. Bima dinyatakan positif covid-19 usai kunjungan kerja ke luar negeri, dan kini kondisinya disebut semakin membaik, selengkapnya di sini

    Sementara itu, Bupati Karawang dinyatakan positif covid-19 usai mengikuti acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Barat di Swiss-Bellin Hotel, Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020. Kondisi Cellica dikatakan berangsur membaik, selengkapnya di sini

    3. Covid-19 Bukan Aib

    Satu per satu penyintas covid-19 bersuara. Salah satunya, Rhesa HW, seorang mahasiswa fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur. Dia menekankan bahwa menderita covid-19 bukan aib.

    Rhesa menceritakan pengalamanannya selama menyandang status pasien positif korona. Dia berpesan untuk pasien korban korona fokus untuk sembuh, tak peduli pandangan masyarakat, selengkapnya di sini.

    4. Lockdown Lokal dan Jam Malam

    Sejumlah desa hingga kota memberlakukan penutupan wilayah masing-masing. Kota Tegal, Jawa Tengah salah satunya, sempat memblokade akses masuk ke Tegal, selengkapnyd di sini.

    Selain itu, di Kota Bandung, Jawa Barat, menutup sejumlah ruas jalan. Sedangkan di Bekasi, Jawa Barat, menerapkan isolasi kemanusiaan untuk membatasi warga yang masuk ke Kota Bekasi. 

    Sementara itu, di Aceh memutuskan memberlakukan jam malam untuk membatasi aktivitas masyarakat. Pemberlakukan jam malam demi mencegah penyebaran virus korona, selengkapnya di sini.

    5. ODP Meningkat Karena Pemudik

    Sejumlah daerah tercatat mendapat kenaikan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) korona. Merangkaknya jumlah ODP disebut imbas dari warga pendatang yang kembali ke kampung halaman, meski pemerintah telah mengimbau untuk tidak mudik.

    Yakni di Nusa Tenggara Barat (NTB) jumlah ODP meningkat jadi 1.025, selengkapnya di sini. Peningkatan juga terjadi di Purworejo, Jawa Tengah, selengkapnya di sini. Sementara itu, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat ribuan pendatang telah tiba di kota gudeg itu, selengkapnya di sini.

    Selain itu, sebanyak 4.444 tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia pulang kampung melalui Riau, selengkapnya di sini. Tak hanya Riau, sekira 4.000 TKI pulang ke Sumatra Utara (Sumut) dari negara terpapar korona dipantau, selengkapnya di sini.

    6. Potong Gaji ASN untuk Penanganan Korona

    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan memotong gaji aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar. Pemotongan gaji untuk menanggulangi penyebaran covid-19, selengkapnya di sini.

    Namun, rencana Ridwan Kamil tak sepenuhnya didukung wali kota/bupati di Jabar. Pemkot Bandung memberikan kebebasan ASN untuk menyumbangkan gajinya secara sukarela, untuk penanganan covid-19, selengkapnya di sini. Pun dengan Pemkab Bekasi. Sedangkan Pemkot Bekasi bakal mematuhi rencana Ridwan Kamil memotong gaji ASN, selengkapnya di sini.

    7. Lokasi Pemakamanan Korban Korona

    Sejumlah daerah di Indonesia mulai menyiapkan lokasi tempat pemakaman khusus korban korona. Di antaranya di Kota Semarang, Jawa Tengah, tengah menyiapkan lokasi khusus pemakmanan pasien meninggal di Kelurahan Ngadirgo, Mijen, selengkapnya di sini.

    Kemudian di Pemkot Palembang, telah menyiapkan lokasi pemakaman khusus di Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Sumatra Selatan, selengkapnya di sini. Selanjutnya Kota Tangerang Selatan, Banten, telah menyiapkan tiga tempat pemakaman umum (TPU) untuk pasien meninggal akibat covid-19, selengkapnya di sini.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id