Tiga Mahasiswa di Malang Ditangkap Karena Vandalisme

    Daviq Umar Al Faruq - 22 April 2020 22:01 WIB
    Tiga Mahasiswa di Malang Ditangkap Karena Vandalisme
    Konferensi pers penangkapan tiga pelaku vandalisme di Polresta Malang Kota. Dokumentasi/istimewa
    Malang: Polresta Malang Kota menangkap tiga pelaku vandalisme di kawasan Malang Raya. Ketiga pemuda berstatus mahasiswa ini ditangkap usai melakukan vandalisme di sejumlah titik di wilayah Kota dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Ketiga pelaku berinisial MAA, 20, warga Pakis, Kabupaten Malang; SRA, 20, warga Singosari, Kabupaten Malang, dan AFF, 22, warga Sidoarjo. Namun polisi sejauh ini belum bisa membuktikan bahwa ketiganya merupakan bagian dari kelompok anarko sindikalism.

    "Masih kami proses dan dilakukan pengembangan," kata Kapolresta Malang Kota, Kombes Leonardus Simarmata, di Mapolresta Malang, Rabu, 22 April 2020.

    Ketiga pelaku ini telah beraksi di lima titik di Kota Malang yakni di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Jalan LA Sucipto, Jalan Tenaga, Jalan Ahmad Yani Utara, dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Selain itu, mereka juga beraksi di Underpass Pintu Tol Singosari Kabupaten Malang.

    MAA berperan membeli cat semprot dan melakukan aksi vandalisme. Lalu peran SRA ikut mencoret dinding. Sedangkan AFF bertugas mengawasi kedua temannya saat menjalankan aksi. Aksi mereka dilakukan di tempat sepi dan mengggunakan cat semprot warna hitam.

    Leo menjelaskan ketiga pelaku ini mencoret dinding menggunakan kata-kata provokatif. "Ada barang bukti berupa sketsa tulisan dari karton dengan tulisan Tegalrejo Melawan," jelas Leo.

    Atas perbuatannya pelaku akan dijerat dengan pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan tentang Hukum Pidana serta pasal 160 KUHP tentang Penghasutan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id