comscore

Rumah Sakit di DIY Siaga Hadapi Lonjakan Covid-19

Media Indonesia - 28 Desember 2021 09:53 WIB
Rumah Sakit di DIY Siaga Hadapi Lonjakan Covid-19
Ilustrasi-- Petugas menyemprotkan cairan desinfektan sebagai persiapan untuk dijadikan ruang transit bagi pasien Covid-19 di Puskesmas Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan. (Foto: MI/Ramdani)
Yogyakarta: Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Pembajun Setyaningastutie mengatakan pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi apabila terjadi peningkatan kasus covid-19 pada tahun baru. Rumah sakit telah diingatkan untuk kembali menyediakan tempat-tempat tidur bagi pasien covid-19.

Puskesmas yang punya rawat inap juga bisa menjaga warga 24 jam, sedangkan untuk puskesmas yang tidak mempunyai rawat inap akan bergiliran bertugas. "Intinya di DIY ada 121 puskesmas, 85 rumah sakit, dan sekian ratus klinik yang siap untuk membantu," kata Pembajun, Senin, 27 Desember 2021.
Ia juga mengingatkan fasilitas layanan kesehatan itu ialah garda terakhir bukan yang terdepan.

"Jangan sampai kita ada atau dirawat di sana," harapnya.

Pembajun menyampaikan kehati-hatian merupakan hal utama untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi peningkatan kasus covid-19. Salah satu bentuk kehati-hatian ialah dengan mengikuti vaksinasi covid-19.

Baca juga: Hampir Dua Juta Pelajar di Jawa Tengah Sudah Divaksin

"Kami hanya bisa menyampaikan apa pun varian-varian baru yang nantinya muncul, kami ingin masyarakat segera menuntaskan kewajibannya untuk vaksinasi," kata dia.

Sampai hari ini, vaksin yang diberikan pemerintah masih bisa menanggulangi varian yang ada, termasuk varian terbaru omikron. Pembajun juga mengingatkan protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

Kesiapan menghadapi lonjakan covid-19 terlihat dari kesiapan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo yang memastikan lebih 30% tempat tidur rumah sakit umum daerah telah disiapkan untuk antisipasi adanya gelombang ketiga atau mutasi baru omikron setelah libur Natal dan tahun baru.

Saat ini total tempat tidur rumah sakit rujukan covid-19, yakni RSUD Wates, RSUD Nyi Ageng Serang, dan tujuh rumah sakit swasta yang siaga mencapai 125 tempat tidur. Saat ini tingkat keterisian tempat tidurnya 0%.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id