Pencemaran Sungai Bengawan Solo Tak Sampai ke Jatim

    Amaluddin - 11 Desember 2019 19:25 WIB
    Pencemaran Sungai Bengawan Solo Tak Sampai ke Jatim
    Aliran sungai Bengawan Solo menghitam akibat pencemaran limbah industri. (Foto: MI/Ferdinand)
    Surabaya: Dirut Perum Jasa Tirta (PJT) I, Raymond Valiant Ruritan, menjamin pencemaran Bengawan Solo tidak sampai ke aliran sungai di Jawa Timur. Limbah kiriman dari Jawa Tengah itu pun dipastikan tidak berdampak bagi masyarakat Jatim.

    "Kalau ada peristiwa pencemaran limbah itu benar, tapi kalau sampai ke Sungai Bengawan Solo di Jatim tidak. Saya juga belum mendapat keluhan dan laporan soal itu," kata Raymond, Rabu, 11 Desember 2019.

    Raymond mengatakan limbah yang mencemari sungai berasal dari puluhan industri di sejumlah kabupaten di Jawa Tengah. Industri di hulu sungai Bengawan Solo, mulai dari Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Solo, Wonogiri, Klaten, dan Boyolali.

    "Kalau dijumlah hampir mendekati 80 industri," kata Raymond.

    Menurut Raymond, limbah yang mencemari Sungai Bengawan Solo di Jateng, terjadi sejak Mei 2019. Limbah itu memasuki badan air dan terkumpul di Bengawan Solo. Pemantauan tim Jasa Tirta, limbah itu mengandung COD (chemical oxygen demand) dan DO (dissolved oxygen). 

    "Dua parameter ini untuk mengukur berapa banyak limbah yang masuk. Dan limbah yang masuk ke Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro tidak signifikan, berbeda dengan yang terjadi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Jadi sementara di Bojonegoro belum ada gangguan," ujarnya.

    Raymond mengimbau masyarakat Jatim melapor jika Sungai Bengawan Solo berdampak negatif kepada masyarakat. Ia meminta masyarakat menghubungi nomor siaga Jasa Tirta, selaku pengelola sungai Bengawan Solo ke nomor 0811312085.

    "Kalau memang ada laporan demikian, mohon kami dikabari. Silakan hubungi nomor hotline itu, dan kami akan responsif. Saya akan segera mengirim tim untuk terus mengecek," ujarnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id