Dua Desa di NTT Kekeringan Ekstrem Selama Sebulan

    Antara - 20 Oktober 2019 11:23 WIB
    Dua Desa di NTT Kekeringan Ekstrem Selama Sebulan
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Kulang: Kekeringan ekstrem melanda Desa Tedakesa, Kecamatan Aesesa dan Desa Rindu Wawo, Kecamatan Aesesa Selatan, Nagakeo, Nusa Tenggara Timur sejak September hingga Oktober 2019. Kekeringan yang terjadi akibat musim kemarau sejak beberapa bulan lalu.

    "Kondisi itu terjadi karena sumber air di dua desa itu terletak di lokasi yang lebih rendah dari permukiman penduduk dan juga debit air semakin menipis," kata Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do di Mbay Ibu kota Kabupaten Nagekeo, Minggu, 20 Oktober 2019.

    Johanes menjelaskan kekeringan membuat warga desa kesulitan mendapat air bersih karena banyak daerah resapan air berubah fungsi menjadi ladang pertanian, termasuk kebakaran padang yang terjadi setiap tahun.

    Menurut Johanes saat ini pemerintah kabupaten setempat membutuhkan teknologi untuk menaikan air dari tempat yang rendah ke pemukiman.

    "Kita saat ini memang membutuhkan teknologi moderen untuk menarik air dari tempat yang rendah di dua desa itu agar memudahkan warga sekitar untuk mendapatkan air bersih," jelas Johanes.

    Johanes menambahkan kehadiran Plan Indonesia melalui kegiatan Jelajah Timur untuk amal bertajuk Run For Equality sangat membantu pemda setempat untuk mendapatkan fasilitas penarik air.

    Dalam Jelajah Timur untuk amal itu Plan Indonesia sampai dengan Sabtu, 19 oktober 2019 berhasil mengumpulkan dana amal mencapai Rp290 juta dari target Rp300 juta untuk pembangunan fasilitas air bersih. (Syahrum Latupono)



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id