Jateng Akan Gelar Kongres Sampah Berskala Nasional

    Mustholih - 08 Oktober 2019 12:49 WIB
    Jateng Akan Gelar Kongres Sampah Berskala Nasional
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menggelar Kongres Sampah di Tuntang, Semarang, Jawa Tengah pada 12-13 Oktober 2019. Kegiatan ini akan dihadiri 1.500 peserta dari seluruh provinsi se-Indonesia.

    Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan kongres ini bertujuan melahirkan penanganan sampah yang sistematis. Ganjar menyatakan per tahun Jateng mampu menghasilkan 5,7 juta ton sampah atau 15.671 ton per hari.

    "Sementara untuk mengatasi itu, Jawa Tengah memiliki kekuatan 1.562 Bank Sampah, 144 TPA 3 R dan 542 Rumah Rosok yang hanya bisa mengurangi 267.861 ton atau hanya 4,71 persen per tahun," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 8 Oktober 2019.

    Adapun di tingkat nasional, menurut Ganjar, Indonesia bisa menghasilkan 67 juta ton sampah per tahun. Ganjar berujar data The World Bank pada 2018 mengungkap 87 kota di pesisir memberikan kontribusi sampah ke laut sekitar 12,7 juta ton per tahun.

    Menurut Ganjar masalah sampah membutuhkan penanganan yang jelas dan sistematis. "Ide-ide yang berserakan soal sampah itu kami tata dulu sebelum pelaksanaan Kongres Sampah," jelas Ganjar.

    Panitia Kongres Sampah, Putut Yulianto, menyatakan kegiatan ini akan dihadiri aktivis sampah, pemerintah, dan akademisi. "Perlu ditanamkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah. Makanya semua pihak kita gandeng," kata Putut.

    Putut berharap Kongres Sampah mampu menghasilkan peta dan praktik pengelolaan sampah. "Ada tiga rangkaian agenda dalam Kongres Sampah. Pra kongres meliputi diskusi-diskusi dengan pakar, pelaksanaan event, dan pasca event," pungkas Putut.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id