Rumah Warga Kranggan Tangsel Rusak Akibat Tanah Bergerak

    Farhan Dwitama - 22 November 2019 10:18 WIB
    Rumah Warga Kranggan Tangsel Rusak Akibat Tanah Bergerak
    Kondisi rumah warga Kampung Kranggan, Kota Tangerang Selatan, Jumat 22 November 2019. (Foto: Medcom.id/Farhan)
    Tangerang: Enam kepala keluarga di Kampung Kranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, diselimuti rasa was-was lantaran sejumlah bagian rumah mereka mengalami retak-retak. Perenggangan struktur bangunan rumah diduga akibat pergerakan tanah dampak musim kemarau jelang hujan.

    Pantauan Medcom.id, enam rumah berlokasi di RT 14 RW 03 Kelurahan Kranggan itu, hampir seluruhnya mengalami retakan pada dinding selebar 5-10 sentimeter. Bahkan ada salah satu rumah yang badan pondasinya terlihat seperti terangkat dari tanah

    Khodijah, 32, Ketua RT setempat mengaku, retakan bangunan di kawasan itu terjadi sejak dua minggu lalu. Ketika hujan mulai turun beberapa hari ke belakang. Dia mengaku, ruang dapur berukuran 2x3 di rumahnya itu ambruk.

    "Ambruknya itu Jumat (pekan) kemarin (sekitar) jam satu siang, tiba-tiba saya rasakan pergeseran. Sebelumnya tembok belakang rumah saya seperti bergelembung, tiba-tiba dapur belakang ambruk," cetus Khodijah, Jumat, 22 November 2019.

    Ternyata pada hari itu, lanjutnya para tetangga Khodijah juga mengalami hal serupa. "Jadi memang bersamaan, memang tanah yang bergerak kalau saya rasakan sendiri," ungkap dia

    Khodijah mengatakan hanya bisa pasrah menerima keadaan yang menimpa rumahnya. "Kemarin ada duit sedikit-sedikit kita rapihkan. Karena kan ngeri juga kalau seperti ini kondisinya," pungkasnya.
     




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id