Ribuan Pekerja Pabrik Rokok Akan Dirumahkan Tahun Depan

    Amaluddin - 20 November 2019 16:15 WIB
    Ribuan Pekerja Pabrik Rokok Akan Dirumahkan Tahun Depan
    ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
    Surabaya: Perusahaan rokok di Jawa Timur akan merumahkan ribuan pekerjanya pada 2020 mendatang. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini salah satunya disebabkan naiknya harga rokok.

    "Jumlah pekerja yang akan di PHK lebih dari 2.000 an, mereka pekerja dari pabrik rokok Sigaret Kretek Tangan yang berlokasi di Kletek, Sidoarjo," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo, di Surabaya, Rabu, 20 November 2019.

    Ada beberapa alasan pabrik rokok tersebut akan merumahkan pekerjanya. Selain harga tembakau naik, rokok yang diproduksi perusahaan tersebut tidak laku. "Sehingga pengusaha memilih PHK pekerjanya," jelas Himawan.

    Himawan mengaku telah berkoordinasi dengan pengusaha rokok tersebut. Ini dilakukan untuk mengambil langkah kedepan bagi para pekerja yang akan di PHK. "Skema-skema itu sudah kita bicarakan dengan pengusaha, kemudian ada penyesuaian dengan pelatihan dan pilihan-pilihan job apa yang dipilih pekerja nanti," jelas Himawan.

    Himawan mengaku banyak program untuk mengatasi PHK. Salah satunya memberikan peningkatan kualitas para pekerja dengan pelatihan, guna meningkatkan SDM.

    "Kita juga melakukan up skilling atau re skilling. Kita juga menghadapi Pekerja Migran Indonesia ( PMI) yang hilang, di situ kita memberikan pelatihan pembekalan supaya digunakan kita juga menghadapi orang orang yang pindah profesi terutama golongan muda, Gubernur kan mendirikan Millennial job center," beber Himawan.

    Data pekerja yang terdaftar di Jatim mencapai 8 juta pekerja. Peningkatan rata-rata setiap tahunnya mencapai 0,3 persen. "Yang tercatat untuk pekerja formal sekitar 8 juta di Jatim, itu yang formal termasuk ASN. Peningkatan selalu, kalau rata rata itu kenaikannya 0,3 persen per tahun," pungkas Himawan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id