Pria di Malang Sempat Dicurigai Terjangkit Virus Korona

    Daviq Umar Al Faruq - 29 Januari 2020 19:26 WIB
    Pria di Malang Sempat Dicurigai Terjangkit Virus Korona
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Malang: Seorang pria asal Malang, 39, harus mendapat perawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Jawa Timur, Selasa, 28 Januari 2020. Pria tersebut mengalami gejala serupa dengan penderita virus korona.

    Ketua Tim Penanganan Virus Korona RSSA Malang, dr Didi Candradikusuma SpPD K-PTI, mengatakan pasien adalah rujukan dari salah satu klinik di Kota Malang. Pasien diduga (suspect) mengidap virus korona karena batuk berdahak dan diketahui baru saja pulang dari Hongkong.

    "Setelah kami wawancara ternyata benar sebelumnya tanggal 25 dia ke Hongkong. Tapi otoritas bandara menahan dan menyuruh pulang untuk keamanan," kata Didi saat dikonfirmasi, Rabu, 29 Januari 2020. 

    Didi menjelaskan setelah dirujuk ke RSSA, pasien tersebut kemudian diperiksan menggunakan metode fast track. Selain itu pasien juga dirawat di ruang isolasi.

    "Dokter pemeriksanya pun menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Memang sesuai prosedur kalau ada rujukan suspect ya begini," jelas Didi.

    Namun setelah dilakukan pemeriksaan, pasien dinyatakan negatif virus korona dan hanya mengidap flu biasa. Selanjutnya pasien dipindahkan dari ruang isolasi menuju ruangan biasa.

    Meski begitu pihak RSSA Malang tetap mengirim sampel hasil swap tenggorokan dan darah pasien tersebut ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jawa Timur.

    "Secara pemeriksaan dari hasil wawancara dan pemeriksaan fisik, pasien dinyatakan negatif coronavirus. Tapi sesuai prosedur sampel tetap dikirim untuk real time PCR (polymerase chain reaction)," pungkas Didi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id