Masyarakat Antusias Ikut Operasi Bibir Sumbing Gratis

    Amaluddin - 07 November 2019 15:54 WIB
    Masyarakat Antusias Ikut Operasi Bibir Sumbing Gratis
    Suasana di selasar Rumah Sakit Premier Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
    Surabaya: Pasien bibir sumbing antusias datang ke Rumah Sakit Premier Surabaya, Jawa Timur. Mereka beramai-ramai mendaftar sebagai pasien untuk mendapatkan operasi gratis bibir sumbing.

    "Kami biasanya dalam sehari hanya melayani satu pasien bibir sumbing. Tapi khusus memperingati HUT Metro TV ke-19, kami melayani lima pasien dalam sehari," kata Ketua Tim Medis operasi bibir sumbing di RS Premier Surabaya, M Syaifuddin Noer, Kamis, 7 November 2019.

    Menurut Syaifuddin, tidak ada kuota khusus untuk operasi bibir sumbing gratis. RS Premier, kata dia, siap melakukan operasi berapapun jumlah pasien yang mendaftar.

    "Akan ditangani secara gratis sampai sembuh total. Siapapun bisa mendaftar, cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK), pasti kita tangani gratis," katanya.

    Sejumlah dokter spesialis dilibatkan dalam operasi bibir sumbing. Di antaranya dokter spesialis bedah plastik, telinga hidung dan tenggorokan (THT), gizi, gigi ortodontis, sepit trapis, dan dokter spesialis anak.

    Meski demikian, dokter spesialis lainnya akan dilibatkan jika dibutuhkan. "Jadi penanganannya multidisiplin paripurna atau pelayanan sangat bagus," jelasnya.

    Sementara itu, Pendiri Yayasan Surabaya Celah Langit dan Bibir (CLB) Center, Pop Mulhadi, mengapresiasi kegiatan bakti sosial kesehatan yang digelar Metro TV. Kata Pop, acara tersebut sangat membantu mengubah kehidupan anak bangsa.

    "Misalnya, orang yang awalnya sulit dipahami kalau bicara, setelah ikut operasi bibir sumbing kehidupannya berubah menjadi lebih baik. Bantuan ini sangat luar biasa," kata Pop.

    Rumyah, 48, salah satu keluarga pasien bibir sumbing bangga dengan adanya operasi gratis bibir sumbing. Ia mendapat informasi dari tetangganya terkait kegiatan operasi bibir sumbing gratis di RS Premier Surabaya. 
    "Saya pun langsung mendaftarkan anak saya untuk operasi bibir sumbing," kata warga Rungkut, Surabaya itu.

    Senada, Khoironi, 52, warga Bratang Surabaya, mengaku telah lama mencari tahu tentang operasi bibir sumbing gratis. Ia baru dapat info terkait kegiatan sosial ini dari rekan-rekannya. "Saya mendaftarkan anak saya untuk operasi bibir sumbing," ujar Roni, sapaan akrabnya.

    Khoironi bersama Fatmawati memiliki tiga orang anak. Satu d iantaranya, yakni Pendi, 2, terlahir dengan bibir sumbing. Kini, Pendi bersama pasien lainnya tengah menunggu antrean untuk menjalani operasi bibir sumbing.

    Acara ini merupakan rangkaian memperingati HUT Metro TV ke-19. Operasi bibir sumbing gratis digelar selama tiga hari berturut- turut sejak 5, 6 dan 7 November 2019, bekerja sama dengan Surabaya CLP (Cleft Lift & Palate) Center, Smile Train dan Rumah Sakit Premier Surabaya yang sekaligus menjadi tempat penyelenggara operasi.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id