Alas Purwo dan Pantai Plengkung Akan Terang

    Amaluddin - 29 September 2019 10:01 WIB
    Alas Purwo dan Pantai Plengkung Akan Terang
    Petugas PLN saat memasang jaringan listrik di destinasi wisata Taman Nasional Alas Purwo dan Pantai Plengkung atau Pantai G-Land, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
    Surabaya: Dua destinasi wisata unggulan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, segera mendapatkan pasokan listrik. Keduanya yakni wisata Taman Nasional Alas Purwo dan Pantai Plengkung atau Pantai G-Land.

    "Kami target bulan depan pada 27 Oktober, dua wisata itu sudah teraliri listrik selama 24 jam," kata Manager Bagian Konstruksi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banyuwangi, Syaefuddin, di Banyuwangi, Minggu, 29 September 2019.

    Syaefuddin mengatakan pemasangan jaringan listrik mulai dikerjakan sejak akhir Agustus 2019. Nantinya, jaringan itu akan membentang sepanjang 21,7 kilometer dengan lima travo, yakni dua travo di G-Land, satu travo di Pancur, satu di Pure, dan satu travo di Tranggulasri

    "Pemasangan jaringan listrik ini upaya kami untuk mendukung pengembangan destinasi wisata Alas Purwo dan G-Land. Sekarang pekerjaannya sudah mencapai 70 persen," katanya. 

    Menurut Syaefuddin, ada empat sanggraloka di kawasan tersebut yang hanya mengandalkan genset sebagai sumber utama listrik dengan kapasitas 160kVA. Melalui proyek ini, kata dia, listrik yang mengalir ka Alas Purwo menuju pantai G Land akan dibuat menjadi 800 kVA.

    "Khusus di pantai G Land ada dua travo, dengan daya 500 kVA," ujarnya.

    Syaefuddin mengakui pekerjaan proyek listrik di dua kawasan itu lambat. Sebabnya, petugas kesulitan menuju lokasi yang berada jauh dari permukiman dan harus melewati perbukitan. Akses jalan pun belum beraspal dan petugas tak bisa bekerja pada malam hari.

    "Karena lokasinya hutan. Jadi pekerja pulangnya sebelum jam 5, sehingga jangka waktu tidak bisa lama," katanya.

    Selain mengalirkan listrik ke Alas Purwo dan pantai G-Land, PLN juga akan membangun jaringan listrik di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jaringan listrik itu akan dibangun sepanjang 16 kilometer, dengan empat travo kapasitas 400 kVA, untuk melayani sekitar 200 pelanggan.

    "Nanti akan ada 15 resor lagi yang akan dibangun di pantai G-Land, dan sudah mulai mendaftar ke PLN," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id