Ridwan Kamil Sebut Ada 2 Vaksin Korona

    Antara - 07 Oktober 2020 23:55 WIB
    Ridwan Kamil Sebut Ada 2 Vaksin Korona
    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan tanda suntik vaksin korona. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
    Bogor: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebutkan ada dua jenis vaksin covid-19 yang akan digunakan di Indonesia. Yakni vaksin yang diimpor dari luar negeri dan vaksin produksi dalam negeri yang sedang proses uji klinis oleh Biofarma.

    "Vaksin impor itu fokus untuk tenaga kesehatan, tiba sekitar bulan depan" ujarnya di Bogor Raya Lakeside, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Sedangkan, vaksin produksi dalam negeri, menurut da, sedang dalam proses tes tahap ketiga, kepada para relawan. Ridwan Kamil termasuk salah seorang relawan yang sudah dua tahap menjalani tes vaksin.

    "Keputusannya pada Desember mendatang, berhasil atau tidak," katanya.

    Dia menuturkan, jika antibodi dirinya meningkat maka vaksin produksi dalam negeri itu berhasil. Sehingga pada Januari 2021 sudah bisa diproduksi massal.

    Baca: Klaster Keluarga Mendominasi Penyebaran Covid-19 di Tulungagung

    "Nanti manajemennya, diproduksi sambil memberi vaksin. Jadi, sudah bisa disuntikkan untuk pihak-pihak tertentu, pada Januari sampai akhir tahun 2021," terangnya.

    Sementara itu, pemerintah pusat memilih Kota Bogor sebagai salah satu lokasi pemberian imunisasi vaksin covid-19 yang dijadwalkan pada awal 2021.

    Wali Kota Bogor, Bima Arya, menunjuk Puskesmas Tanah Sareal, di Jalan Kesehatan, Kota Bogor, sebagai lokasi pemberian imunisasi vaksin covid-19. Tim dari Kementerian Kesehatan telah melakukan simulasi ujicoba pemberian vaksin covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor.

    "Kesiapan tersebut, baik lokasinya, tenaga medis sebagai pelaksananya, maupun sistem alur pada prosesnya pelaksanaannya," kata Bima. 

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id