Pemkab Jepara Tak Anggarkan Bansos Covid-19

    Rhobi Shani - 04 Januari 2021 15:01 WIB
    Pemkab Jepara Tak Anggarkan Bansos Covid-19
    Bupati Jepara, Dian Kristiandi. (Foto: Medcom.id/Rhobi)
    Jepara: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah, tahun ini tidak mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) dampak covid-19. Sebab petunjuk bansos dampak covid-19 dari pemerintah pusat hanya untuk tahun anggaran 2020.

    Bupati Jepara, Dian Kristandi, mengakui memang tak mengalokasikan anggaran untuk bansos dampak covid-19. Namun, Pemkab Jepara akan menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT) bila diminta harus menyalurkan bansos.

    “Kalau kondisi ini memang masih dalam status kedaruratan, bisa menggunakan pos anggaran tidak terduga,” ujar Dian, Senin, 4 Januari 2021.

    Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Isdiyanto Koesworo, mengatakan tahun ini pemkab tak mengalokasikan anggaran bansos. Sementara bansos yang bersumber dari anggaran pemerintah provinsi sampai saat ini belum jelas.

    Baca juga: Ribuan Penerima Bansos Covid-19 di Jember Tak Tepat Sasaran

    “Kabupaten tidak ada. Yang provinsi sampai sekarang belum ada kejelasan. Yang dari pusat kami juga masih menunggu,” ujar Isdiyanto.

    Tahun lalu, kaya dia, ada 54 ribu jiwa keluarga penerima manfaat (KPM) bansos dampak covid-19 yang bersumber dari anggaran Kabupaten Jepara. KPM menerima bantuan sebanyak sembilan kali, ditambah 33 ribu KPM lanjutan bansos dari anggaran provinsi.

    Sekretaris Desa Langon, Didik, mengatakan bansos dampak covid-19 yang bersumber dari dana desa tahun ini masih digulirkan. Bahkan, masa penerimaan menjadi satu tahun.

    “Permendes yang baru diperpanjang sampai satu tahun, nilainya Rp300 ribu per bulan,” kata Didik.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id