Populer Daerah, Bencana di Purworejo hingga ASN di Aceh Dilarang Hadiri Pesta

    Lukman Diah Sari - 13 Januari 2021 07:48 WIB
    Populer Daerah, Bencana di Purworejo hingga ASN di Aceh Dilarang Hadiri Pesta
    Petugas BPBD membersihkan material longsor.
    Jakarta: Sejumlah berita pada Selasa, 12 Januari 2021, di daerah menyita perhatian publik. Antara lain perihal bencana alam hingga Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Papua.

    Bencana alam terjadi di sejumlah daerah, salah satunya di Purworejo, Jawa Tengah. Kemudian, perihal pertimbangan PPKM di kabupaten/kota di Papua, aparatur sipil negara (ASN) di Aceh dilarang menghadiri pesta, dan calon penerima manfaat program keluarga harapan di Jepara diverifikasi.

    Berikut berita populer di daerah pada Selasa, 12 Januari 2021.

    1. Banjir dan Longsor Landa Purworejo

    Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sejak Senin malam, 11 Januari 2021, mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Bencana tersebut terjadi di sejumlah titik.
     
    "Banjir terjadi di tiga titik, yakni Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Desa Jenar Wetan dan Desa Ketangi di Kecamatan Purwodadi," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Purworejo, Sutrisno, Senin, 12 Januari 2020.
     
    Sutrisno mengatakan, ada 91 jiwa yang diungsikan ke tempat aman akibat banjir yang menggenangi pemukiman. Ketinggian air mencapai satu meter.

    Selengkapnya baca di sini.

    2. Kabupaten/Kota di Papua dengan Kasus Covid-19 Tinggi Diminta Pertimbangkan PPKM

    Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua meminta kabupaten/ota di wilayahnya yang memiliki peningkatan kasus cukup tinggi untuk mempertimbangkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
     
    Ketua Harian Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua, Welliam R Manderi, mengatakan wilayah-wilayah tersebut yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Jayawijaya, Biak Numfor, Nabire, Merauke, Mimika, Kepulauan Yapen, dan Keerom.
     
    "Kabupaten dan kota tersebut memiliki peningkatan jumlah kasus covid-19 yang terbilang tinggi dibandingkan wilayah lainnya di Papua," katanya, Selasa, 12 Januari 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    3. ASN Aceh Dilarang Menghadiri dan Menyelenggarakan Pesta

    Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menginstruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh untuk sementara tidak menyelenggarakan dan menghadiri pesta perkawinan dan sejenisnya.
     
    Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan instruksi tersebut didasari atas meningkatnya kasus terkonfirmasi positif covid-19 mingguan usai libur akhir tahun.
     
    "Minggu lalu penambahan jumlah kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 52 orang, sembuh 113 orang, dan kasus meninggal sebanyak 11 orang," kata Iswanto, Selasa, 12 Januari 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    4. Sebanyak 3.702 Calon Penerima PKH di Jepara Diverifikasi

     Sebanyak 3.702 kepala keluarga calon penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Jepara, Jawa Tengah, mulai diverifikasi. Ribuan calon penerima baru itu ditinjau guna memastikan KPM layak menerima bantuan.
     
    Koordinator Kabupaten (Koorkab) PKH Jepara, Kiki Ari Cahyo, menjelaskan, jumlah calon KPM baru merupakan tambahan dari Kementerian Sosial. Sesuai surat edaran, proses verifikasi dilaksanakan sampai 5 Februari 2021.
     
    “Data tambahan baru ini dari pusat. Saat ini kami masih proses (verifikasi) di lapangan. Lolos tidaknya sepenuhnya kewenangan pusat,” ujar Kiki, Selasa, 12 Januari 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id