Kabupaten Bogor Terima Rp80,9 Miliar untuk Pengembangan Pariwisata

    Rizky Dewantara - 05 November 2020 22:04 WIB
    Kabupaten Bogor Terima Rp80,9 Miliar untuk Pengembangan Pariwisata
    Ilustrasi--Sebuah tempat wisata di lereng gunung salak atau di Taman Sari, Kabupaten Bogor. Tempat ini menawarkan keunikan hotel yang berkonsep tenda ala Mongolia dan Apache Amerika.( Foto: MI/Dede Susianti)
    Bogor: Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapat dana hibah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebesar Rp80,9 miliar. Pemkab Bogor akan memanfaatkan dana tersebut untuk pengembangan sektor pariwisata.

    “Kita mendapat hibah dari Kemenparekraf Rp80,9 miliar untuk pariwisata. Porsi 70 persen untuk industri hotel dan restoran. Kita harus siap pada dana hibah yang telah diberikan dengan menggunakannya sesuai program agar tepat sasaran," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, Kamis, 5 November 2020.

    Ia mengatakan porsi dana 30 persen sisanya akan dipergunakan pemerintah daerah sebagai bagian program penanganan dampak ekonomi dan sosial dari pandemi covid-19.

    Menurut Burhanudin, pemkab menekankan empat kriteria untuk industri pariwisata hotel dan restoran yang akan menerima bantuan dana hibah. Pertama, hotel dan restoran sesuai basis data wajib pajak 2019.

    Baca juga: Aceh Simulasikan UBDK Jenjang SD dan SMP

    Kedua, hotel dan restoran yang masih beroperasi hingga pelaksanaan dana hibah pariwisata pada Agustus 2020. Ketiga, hotel dan restoran yang memiliki perizinan berusaha yaitu TDUP masih berlaku.

    "Kriteria yang terakhir, hotel dan restoran yang membayarkan dan memiliki bukti pembayaran PHPR pada 2019,” tambahnya.

    Burhan melanjutkan, pemkab akan membuat membuat usulan kegiatan sesuai sasaran. Salah satunya kegiatan harus mendukung pemulihan sektor pariwisata guna memberikan dampak signifikan terhadap hotel, restoran. dan tempat-tempat wisata lainnya.

    "Memang ini menjadi tantangan bagi kita semua. Kita juga bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Karena di Jawa Barat dari 27 kabupaten/kota, hanya empat daerah yang menerima hibah ini. Yakni, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor,” jelas dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id