KPK Selidiki Dugaan Gratifikasi di Pemkot Batu

    Daviq Umar Al Faruq - 06 Januari 2021 14:53 WIB
    KPK Selidiki Dugaan Gratifikasi di Pemkot Batu
    Petugas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mendatangi Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu 6 Januari 2021
    Batu: Petugas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menggeledah tiga kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, pada Rabu, 6 Januari 2021. Tiga kantor OPD tersebut berada di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur.
     
    "Benar, hari ini ada kegiatan penggeledahan oleh KPK di kantor Dinas PUPR, Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Batu," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, saat dikonfirmasi.

    Ali menjelaskan, petugas KPK melakukan penggeledahan dalam rangka penyidikan terkait dugaan korupsi perkara gratifikasi di lingkungan Pemkot Batu. Kasus itu disebutkan terjadi pada periode 2011-2017.

    Baca: Nah Loh! 3 Kantor OPD Kota Batu Diperiksa KPK

    Sebelumnya, petugas KPK juga telah melakukan pemeriksaan terhadap dua saksi dalam dugaan kasus tersebut. Saksi diperiksa di Kantor Reserse & Kriminal Kepolisian Resor Kota Batu, pada Selasa 5 Januari 2021.

    "Saksi atas nama Moh Zaini selaku swasta atau pemilik PT Gunadharma Anugerah dan Kristiawan selaku mantan pengurus rumah tangga Wali Kota Batu Eddy Rumpoko," jelasnya.

    Petugas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mendatangi Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, pada Rabu, 6 Januari 2021. Petugas komisi antirasuah tersebut tiba sejak pukul 10.00 WIB.

    Berdasarkan pantauan Medcom.id, ada tiga kantor organisasi perangkat daerah (OPD) yang diperiksa petugas KPK. Yakni Kantor Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pariwisata (Disparta), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu.

    Baca: KPK Geledah Kantor Bupati Lampung Selatan

    Sejumlah petugas KPK memeriksa tiga kantor OPD tersebut dengan dikawal beberapa polisi Brimob berseragam lengkap dan bersenjata. Selain itu, beberapa petugas KPK terlihat keluar masuk dari ruangan kantor OPD sembari membawa berkas.
     
    "Mohon maaf tidak boleh mendekat sedang ada pemeriksaan," ujar polisi yang mengawal di depan Kantor DPUPR Kota Batu.
     
    Hingga pukul 13.30 WIB, pemeriksaan yang dilakukan petugas KPK masih berlangsung. Sejauh ini masih belum diketahui alasan kedatangan petugas KPK di Balai Kota Among Tani.
     
    Petugas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mendatangi Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu 6 Januari 2021

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id