Pemkab Kudus Izinkan Salat Idulfitri, Larang Takbir Keliling

    Rhobi Shani - 04 Mei 2021 10:58 WIB
    Pemkab Kudus Izinkan Salat Idulfitri, Larang Takbir Keliling
    Bupati Kudus, HM Hartopo tarawih keliling di Masjid Baitur Rohim Desa Dersalam, Bae. Medcom.id/ Rhobi Shani.



    Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus mengizinkan digelarnya salat Idulfitri. Namun, harus dengan memerapkan protokol kesehatan ketat. Namun kegiatan takbir keliling pada malam lebaran dilarang.

    Bupati Kudus, HM Hartopo, mengatakan kebijakan itu diambil mengingat pandemi covid-19 belum juga reda. Sehingga aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan kembali ditiadakan.






    "Salat Idulfitri diperbolehkan. Tetapi kapasitas dan protokol kesehatan harus dilajankan dengan disiplin. Takbiran keliling ditiadakan, tidak boleh. Kita instruksikan ditiadakan," kata Bupati Kudus, HM Hartopo, Selasa, 4 Mei 2021.

    Baca: Ribuan Pemudik Telah Masuk Jawa Tengah

    Bahkan Hartopo menyebut, jika ada masyarakat yang nekat menggelar takbir keliling, itu merupakan suatu pelanggaran. Pihaknya telah menyiapkan sanksi yang akan dikoordinasikan dengan penegak Perda.

    "Sanksi nanti kita koordinasikan dulu dengan penegak perda," ujar Hartopo.

    Pihaknya akan mengintensifkan kegiatan patroli saat malam menjelang Idulfitri. TNI/Polri, Satpol PP hingga Kemenag dilibatkan dalam patroli tersebut.

    Baca: Menjelang Idulfitri, Pemkot Bogor Perketat Mobilitas Warga

    Terpisah, Kapolres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma, mengatakan saat malam Hari Raya Idulfitri kegiatan takbir dilakukan di masjid atau musala masing-masing. Tidak ada takbiran keliling.

    "Tentunya segala bentuk keramaian seminimal mungkin, jangan sampai nanti kegiatan keagamaan yang niatnya baik malah menimbulkan klaster baru, seperti di India," beber Aditya.

    Aditya menuturkan TNI/Polri telah menyiapkan personel khusus untuk melakukan patroli di malam Idulfitri. Jika ditemukan warga yang menggelar takbir keliling, maka akan dihalau agar kembali ke daerah masing-masing.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id