comscore

Bandit Spesialis Rumah Kosong di Bekasi Ditangkap

Antonio - 20 Januari 2022 07:10 WIB
Bandit Spesialis Rumah Kosong di Bekasi Ditangkap
Ilustrasi penangkapan. (Medcom.id)
Bekasi: Polres Metro Bekasi Kota menangkap komplotan pencuri spesialis rumah kosong yang biasa beraksi di kawasan Bekasi, Jawa Barat, dan sekitarnya. Sedikitnya enam pelaku ditangkap.

Mereka yakni berinisial S alias Alex, 52; M alias Agus, 23; R alias Yanto, 30; NH alias Dayat, 46; R alias Belong, 46; dan E alias Heri, 35. 
"Kita sudah mengamankan enam tersangka dari sembilan laporan yang ada," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki pada Rabu, 19 Januari 2022.

Hengki menyebutkan, penangkapan komplotan pencuri tersebut merupakan hasil penyelidikan dari laporan sepanjang 2021 hingga 2022. Biasanya, kata Hengki, komplotan pencuri ini menyasar rumah-rumah yang tidak dihuni.

Baca: Satreskrim Polsek Johar Baru Tangkap Anggota Sindikat Curanmor

Dalam aksi pencurian rumah kosong tersebut, para pelaku punya perannya masing-masing. Salah satu di antara pelaku tersebut menggunakan senjata api.

"Informasinya senjata api mereka peroleh dari kelompok mereka, kemungkinan dari daerah Sumatra. Ada yang mengawasi, ada yang spesialis mencari barang-barang yang ada di dalam rumah, ada yang sebagai otak pelaku," bebernya.

Untuk mengangkut barang hasil curian, para pelaku menggunakan kendaraan mobil maupun sepeda motor.  Setelah aksi mencuri berhasil, barang-barang hasil curian itu dijual ke penadah yang kini masuk dalam daftar pencarian orang yakni Y dan A.

"Nilai hasil kejahatan ini lebih dari ratusan juta karena hasil kejatan mereka ini ada beberapa unit motor, ada juga unit mobil yang masih dalam pengejaran, masih dikuasai oleh penadah," tutur Hengki. 

Akibat perbuatannya tersebut, komplotan pencuri tersebut dijerat dengan Undang-Undang Darurat Pasal 1 ayat (1) nomor 1951 dan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.


(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id