comscore

Kualitas Udara di Pasar Kemis Tangerang Terburuk di Indonesia, Ini Dugaan Penyebabnya

Hendrik Simorangkir - 20 Juni 2022 18:12 WIB
Kualitas Udara di Pasar Kemis Tangerang Terburuk di Indonesia, Ini Dugaan Penyebabnya
Ilustrasi--Kabut pekat polusi udara menutupi gedung-gedung tinggi perkantoran di Jakarta. (Foto: MI/Susanto)
Tangerang: Lembaga data kualitas udara, IQ Air, menempatkan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten sebagai kualitas udara yang terburuk di Indonesia dengan indeks 164 pada Jumat, 17 Juni 2022. Buruknya kualitas udara diduga akibat tingginya peningkatan volume kendaraan dan aktivitas industri di wilayah tersebut. 

"Diduga adanya peningkatan aktivitas polusi dari kendaraan serta peningkatan kondisi perindustrian di wilayah Pasar Kemis," ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kabupaten Tangerang, Budi Khomaedi, Senin, 20 Juni 2022.
Menurut Budi, wilayah Pasar Kemis memang menjadi tempat perindustrian dari berbagai perusahaan. Sehingga, lanjutnya, tingkat polusi udara di tempat tersebut setiap harinya mengalami peningkatan. 

"Wilayah Pasar Kemis juga dekat dengan akses keluar masuk kendaraan dari pintu tol. Dan itu menjadi penambahan volume kualitas udara semakin buruk," katanya. 

Budi menjelaskan, pihaknya kini sudah melakukan berbagai langkah dan upaya dalam mendukung pengurangan polusi udara. Salah satunya dengan melakukan pemantauan secara rutin melalui uji pasivve sampel. 

"Hasil dari pengujian real time oleh IQ Air itu tidak bisa menjadi patokan kita, karena yang pasti dalam pengujian kondisi udara harus melalui pasivve sample selama 24 jam dan kemudian di uji di laboratorium," jelasnya. 

Baca: Kualitas Udara Pasar Kemis Tangerang Terburuk di Indonesia

Budi menambahkan, pihaknya saat ini menjaga fungsi kelestarian lingkungan hidup agar lebih hijau, sejuk, dan teduh dengan merencanakan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di tiap wilayah di Kecamatan Pasar Kemis. 

"Ke depan kami juga telah merencanakan untuk memasang alat pengukur kualitas udara secara direct reading, kontinu, dan real time. Melalui anggaran di APBD 2022 ini," ucap dia. 

Sebelumnya, Lembaga data kualitas udara, IQ Air, menempatkan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten sebagai kualitas udara yang terburuk di Indonesia. Kualitas udara di Pasar Kemis hingga pukul 13.04 WIB, Jumat, 17 Juni 2022, mencapai indeks 164.

"Karena Pasar Kemis itu salah satu daerah industri di Kabupaten Tangerang," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik, Jumat, 17 Juni 2022.

Taufik menuturkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi polusi udara tersebut, salah satunya menjaga fungsi kelestarian lingkungan hidup lebih hijau, sejuk, dan teduh.

"Upayanya membangun ruang terbuka hijau (RTH) di tiap kecamatan, terkhusus di Pasar Kemis," katanya. 

Selain itu, menurut Taufik, pihaknya terus melakukan pemantauan kualitas udara secara berkala dan juga melakukan uji udara ambient dengan metode passive sample di 4 tatanan (Lalu lintas, kawasan industri, permukiman, dan perkantoran).

"Rencananya kami juga akan memasang alat untuk mengukur kualitas udara secara direct reading, kontinu dan real time yakni AQMS (Air Quality Monitoring System), melalui anggaran APBD 2022 ini," jelasnya. 

Indeks kualitas udara berdasarkan standar Amerika Serikat (AQ US) menggolongkan indeks 151 hingga 200 merupakan kategori udara tidak sehat. Konsentrasi particulate matter (PM) 2.5 mencapai 14,6 kali lipat di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

PM 2.5 merupakan polutan pencemar udara yang paling kecil dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. 


(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id