Khofifah Minta Masyarakat Waspada Ancaman Bencana Lain

    Amaluddin - 11 April 2021 16:00 WIB
    Khofifah Minta Masyarakat Waspada Ancaman Bencana Lain
    Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/Istimewa.



    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat Jatim waspada ancaman bencana alam seperti longsor dan banjir bandang. Utamanya bagi masyarakat yang tinggal di bantaran aliraan sungai besar, pegunungan, dan perbukitan.

    "Berdasarkan informasi yang dirilis BMKG, beberapa wilayah di Jatim akan mengalami hujan sedang hingga lebat hari ini, Minggu. Hujan ini dikhawatirkan akan memperbesar potensi bencana susulan berupa tanah longsor dan banjir bandang karena struktur dan kondisi tanah labil," kata Khofifah, Minggu, 11 April 2021.






    Baca: Malang Dilanda Sembilan Guncangan

    Dia menjelaskan daerah yang diprediksi diguyur hujan tersebut yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung.

    "Tetap waspada dan jangan lengah. Jika memang hujan deras, segera jauhi lereng dan hindari berada di lembah sungai. Cari tempat yang aman, lapang tanpa penghalang," jelasnya.  

    Sebelumnya gempa bumi mengguncang Kabupaten Malang dan berdampak sebagian besar daerah di Jatim, pada Sabtu, 10 April 2021. Namun gempa berkekuatan 6,1 magnitudo tak menimbulkan ancaman tsunami.

    Akibat gempa tersebut delapan orang meninggal di Lumajang dan Malang. Kemudian puluhan orang mengalami luka-luka, serta ratusan bangunan seperti rumah, fasilitas umum, masjid, sekolah, hancur, terjadi di 16 kabupaten/kota di Jatim.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id