Kesultanan Ternate Sambut Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

    Media Indonesia.com - 11 November 2020 10:43 WIB
    Kesultanan Ternate Sambut Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional
    Syukuran dan tahlilan digelar Kesultanan Ternate menyambut penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Sultan Baabulah. (Foto: MI/Hijrah Ibrahim)
    Ternate: Masyarakat adat bersama perangkat Kesultanan Ternate, Maluku Utara, menggelar syukuran tahlil di pendopo Kedaton Kesultanan Ternate, di Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Selasa, 10 November 2020.

    Tahlil digelar sebagai bentuk rasa syukur atas penganugerahan Sultan Baabullah Datuk Sjah sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

    "Seluruh perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat adat menggelar syukuran atas penganugerahan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional," ungkap Kapita Lao Kesultanan Ternate, Ayhar Do Basir, Rabu, 11 November 2020.

    Baca juga: Aceh Terbebas dari Status Zona Merah Covid-19

    Kapita Lao menambahkan, pada 14 November, masyarakat adat dan perangkat kesultanan akan menerima perwakilan ahli waris dan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman yang tiba dari Jakarta.

    Menurut Jenderal Perang Laut Kesultanan Ternate tersebut, tahlilan dan syukuran ini merupakan keinginan dan niat luhur dari seluruh elemen yang memperjuangkan Sultan Baabullah dianugerahi gelar pahlawan nasional. 

    Gelar tersebut diberikan berkat perjuangannya mengusir penjajah dari Jazirah Moloku Kieraha pada abad ke-16.

    "Kami berharap, di masa depan, seluruh elemen seperti LSM Karamat hingga pemerintah daerah yang telah menunjukkan keseriusannya untuk mengusulkan Sultan Baabullah Datuk Syah sebagai pahlawan nasional harus bersama-sama mengusulkan kembali Sultan Muhammad Djabir Syah sebagai pahlawan nasional," paparnya. (Hijrah Ibrahim)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id