20 Ton Beras dan Uang Rp2 Miliar Dikirim untuk Korban Bencana di Sulbar-Kalsel

    Amaluddin - 26 Januari 2021 04:01 WIB
    20 Ton Beras dan Uang Rp2 Miliar Dikirim untuk Korban Bencana di Sulbar-Kalsel
    Petugas BPBD Jatim tengah mempersiapkan ribuan logistik untuk dikirim ke Kalsel dan Sulbar. (Dok: Pemprov Jatim)



    Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengirimkan bantuan 20 ton beras dan uang Rp2 miliar untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Dua jenis bantuan itu dibagi rata dan akan dikirim melalui KRI Banda Aceh pada Selasa, 26 Januari 2021.

    "Teruntuk saudara-saudara kami di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan yang tengah tertimpa musibah bencana gempa dan banjir. Sedikit bantuan yang kami kirimkan ini semoga bisa membantu meringankan beban dan duka saudara-saudara sekalian," tulis Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di akun Instagram pribadinya, khofifah.ip, Senin, 25 Januari 2021.




    Khofifah berharap masyarakat terdampak pandemi covid-19, utamanya mereka yang tertimpa musibah kembali bangkit dan bisa melalui dari masa-masa sulit. "Tetap semangat untuk kembali bangkit dari masa-masa sulit ini dan semoga Allah SWT selalu melindungi bangsa dan negara ini. Aamiin," kata Khofifah.

    Sementara itu, Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, mengatakan 20 ton beras dan uang Rp2 miliar itu dibagi dua, untuk masing-masing Sulbar dan Kalsel. Rinciannya, 10 ton beras dan uang Rp1 miliar untuk membantu penanganan bencana banjir di Kalsel, lalu 10 ton beras dan uang Rp1 miliar sisanya untuk untuk penanganan bencana gempa di Sulbar.

    Khusus di Sulbar, lanjut Heru, Pemprov Jatim juga mengirimkan bantuan lainnya berupa mie instan sebanyak 500 dus, biskuit 1.000 pcs, teh celup 1.000 boks, pamper 400 pak, gula pasir 500 kg, pembalut wanita 500 pak. Kemudian sabun mandi sebanyak 500 pcs, sampo 366 botol, pasta gigi 500 pcs, sikat gigi 200 pcs, handuk 200 pcs, pakaian dalam 351 pcs, dan selimut 34 pcs.

    "Sesuai arahan Ibu Gubernur Jatim, bantuan ini akan didistribusikan kepada para korban bencana alam di Kalsel dan Sulbar," kata Heru.

    Baca: 174.620 Paket Sembako Disalurkan ke Korban Bencana Sulbar dan Kalsel

    Heru menjelaskan bantuan tersebut akan diangkut KRI Banda Aceh dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalsel, pukul 13.00 WIB, pada Selasa, 26 Januari 2021. Kapal tersebut diperkirakan tiba di Banjarmasin sekitar pukul 08.00 WITA, Rabu, 27 Januari 2021.

    "Keesokan harinya (Kamis), KRI Banda Aceh akan meneruskan perjalanan menuju Mamuju, Sulbar, pukul 16.00 WITA. Perkiraan tiba di Mamuju sekitar pukul 07.00 WITA pada Minggu pagi," kata Heru.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id