Potensi Usaha Seluruh Masjid di Daerah Dimaksimalkan

    Deny Irwanto - 02 Mei 2021 13:50 WIB
    Potensi Usaha Seluruh Masjid di Daerah Dimaksimalkan
    ISYEF menggelar serangkaian program pemberdayaan UMKM selama Ramadan. Dokumentasi/ istimewa



    Jakarta: Kelompok anak muda penggerak ekonomi Islam, ISYEF (Indonesian Islamic Youth Economic Forum) bertekad aktif berjejaring dengan pemuda masjid untuk mengampanyekan semangat kewirausahaan.

    Ketua Umum ISYEF, M. Atras Mafazi, mengatakan ISYEF kini telah memiliki cabang-cabang di berbagai daerah dan yang telah aktif melakukan kegiatan mandiri ada di ISYEF Aceh, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.
     
    "Kami bersyukur, teman-teman di daerah antusias untuk menggerakkan ISYEF. Selain semangat berbagi dan bersedekah sesuai ajaran agama, kami juga selalu berupaya agar ISYEF dapat memaksimalkan potensi usaha dari 800.000 masjid yang ada di Indonesia agar dalam satu masjid terdapat satu komunitas dan setidaknya satu usaha dapat tercipta," kata Atras dalam keterangan pers, Minggu, 2 Mei 2021.






    Baca: Beri Bantuan, Ibas Ingatkan Warga Tak Mudik Lebaran

    Dia menjelaskan ISYEF menjadikan bulan Ramadan 1442 Hijriah sebagai milestone untuk semakin mempertajam beragam inisiatif pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berbasis di masjid atau digerakkan oleh pemuda dan remaja masjid.
     
    Sekaligus merayakan milad ke-3, serangkaian acara juga diselenggarakan  ISYEF, antara lain Islamic Youth Creative Competition (IYCC); Lomba Video Review Masjid dan artikel ekonomi syariah yang diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia; Instagram Live Series inspirasi Ramadan; Kotak Berbagi serentak di 7 provinsi membagikan takjil, makanan berbuka, alat salat, dan juga paket sembako; Ramadan Youth Camp di Bekasi dan Aceh, serta ISYEF bagi-bagi THR dengan lomba ngaji ayat Al-Qur’an dan ucapan milad ISYEF dengan total hadiah puluhan juta rupiah.
     
    Puncak perayaan milad ISYEF berlangsung pada Kamis, 29 April 2021 di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, yang dihadiri Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Pada momen yang sama, ISYEF juga meluncurkan ISYEF Farm, program kemitraan dengan peternak sapi di Gunungkidul dengan skema kerja sama syariah.

    Atras menjelaskan khusus program Ramadan, ISYEF menggelontorkan hadiah dan sedekah yang totalnya mencapai Rp50 juta. Pengurus ISYEF berharap pemberian insentif mampu lebih menggelorakan semangat kewirausahaan yang diinisiasi dari masjid.
     
    "Program dan hadiah yang kami salurkan bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap wirausaha berbasis masjid. Selain itu pada tahun 2021 ini, alhamdulillah iSYEF telah dipercaya untuk menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga, termasuk Bank Indonesia. Konteksnya masih sesuai dengan misi kami, yakni membangun semangat entrepreneurship dari dan untuk masjid," jelas Atras.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id