Indonesia kembali Diguncang Gempa Dahsyat, Kali Ini di Alor

    Rendy Renuki H - 19 Januari 2021 20:29 WIB
    Indonesia kembali Diguncang Gempa Dahsyat, Kali Ini di Alor
    Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)



    Jakarta: Bencana gempa bumi yang terjadi di Indonesia masih berlanjut. Kali ini, gempa dahsyat mengguncang Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Selasa 19 Januari 2021.

    Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo terjadi di Alor pukul 12.00 WIB. Episentru gempa menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi di kedalaman 434 kilometer.






    "Episentrum gempa bumi terjadi sekitar pukul 12.00 WIB pada koordinat 7,46 LS dan 125,31 BT," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya. 

    "Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 119 km arah timur laut Kota Kalabahi, Ibu Kota Kabupaten Alor, pada kedalaman 434 kilometer," sambung Bambang.

    Gempa bumi yang terjadi, menurut Bambang, merupakan jenis gempa dalam, akibat adanya aktivitas subduksi di Laut Banda. Namundia memastikan kekuatan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, meskipun episentrum gempa berada di dasar laut.

    "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

    "Masyarakat juga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya," pungkas Bambang.

    Sebelum mengguncang Alor, gempa bumi di Indonesia terjadi di Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Majene dan Mamuju. Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo tersebut terjadi Jumat 15 Januari lalu.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id