Polisi Sita Satwa Liar yang Diawetkan dari Bandar Narkoba

    Fajri Fatmawati - 14 Januari 2021 14:34 WIB
    Polisi Sita Satwa Liar yang Diawetkan dari Bandar Narkoba
    Polresta Banda Aceh melakukan konferensi pers pengungkapan kasus satwa dilindungi. Medcom.id/ Fajri Fatmawati
    Banda Aceh: Polresta Banda Aceh menyita tujuh ekor satwa liar yang telah diawetkan dari kediaman bandar narkoba dengan kerugian negara sekitar Rp5 miliar.

    Kapolresta Banda Aceh, Kombes Joko Krisdianto, mengatakan pengungkapan kasus tindak pidana menguasai hewan dilindungi dan pengawetan satwa liar tersebut terjadi pada Rabu, 13 Januari 2021.

    "Ada 7 ekor satwa liar yang telah diawetkan, Jaguar atau macan kumbang, macan tutul yang diawetkan, burung merak masih hidup masing-masing satu ekor, kemudian burung cenderawasih diawetkan dan burung Kakak tua yang masih hidup masing-masing dua ekor," kata Joko saat dikofonfirmasi, Kamis, 14 Januari 2021.

    Baca: Vaksinasi Covid-19 Kepala Daerah di Banten Dilakukan Tertutup

    Joko menjelaskan pemilik satwa dilindungi yang telah diawetkan tersebut adalah TJ, 54, wiraswasta. Awalnya BNN dan Bareskrim Polri menangkap tersangka di rumahnya terkait kasus narkoba jenis sabu 200 kilogram di kawasan Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, Aceh.

    "Kemudian setelah dilakukan pengembangan, Sat Reskrim Polresta Banda Aceh bersama BKSDA Aceh menemukan satwa dilindungi yang telah diawetkan dirumahnya, dan kasus ini sedang ditangani oleh Bareskrim Polri di Jakarta," jelasnya.

    Atas perbuatannya tersangka akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem Pasal 21 ayat (2) huruf (b) dan (d) Jo Pasal 40 ayat (2) serta Pasal 33 ayat (3). Dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp100 juta rupiah.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id