Garam Petani di Brebes Hanya Dihargai Rp150 Per Kg

    Kuntoro Tayubi - 18 Oktober 2019 12:41 WIB
    Garam Petani di Brebes Hanya Dihargai Rp150 Per Kg
    Warga tengah mengolah tambak untuk produksi garam di Brebes, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Kuntoro)
    Brebes: Ketua Koperasi Garam Mutiara Bahari Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Arif, menyebut, garam petani di wilayahnya hanya dihargai Rp150 per kilogram. Penyebabnya, impor garam yang tak dibatasi. 
     
    “Pemerintah harus hentikan impor garam agar produk lokal terserap di pasaran. Kemarin saya kirim garam ke Niaga Garam Cemerlang Cirebon, saya tahu dia itu pengimpor garam dari Australia. Artinya pemerintah tidak kasihan sama rakyat,” kata Arif, Jumat, 18 Oktober 2019.

    Ia menjelaskan harga garam lokal saat ini berkisar antara Rp225 sampai 250 per kilogram. Harga tersebut belum termasuk biaya angkut, kantong, dan tenaga kerja. Jika dipotong ongkos angkut dan lainnya, hanya tersisa Rp150 sampai Rp170 per kilogram.

    Arif pun membandingkan harga garam impor yang mencapai Rp3.000 per kilogram, sedangkan harga paling tinggi untuk garam lokal hanya Rp300 dengan kualitas yang sama.

    Idealnya, kata Arif, harga garam lokal berada di angka Rp700. Standar harga itu paling tidak mampu menutup biaya produksi dan pengelolaan tambak yang mencapai Rp20 juta per hektare tambak. 

    "Kami harap tahun depan tidak ada impor. Jika tetap ada garam impor, petani garam tidak akan memproduksi garam,” ancam salah satu petani garam asal Desa Sawojajar, Herman.

    Sementara itu, Kepala Seksi Usaha dan Pemberdayaan Dinas Perikanan Brebes, Muhamad Fauzan, mengatakan pihaknya terus berupaya mencari solusi agar harga garam petani lokal tak terus anjlok.
     
    “Pemkab berupaya mencari perusahaan yang bisa menyerap hasil petani garam Brebes. Kemarin kami ke salah satu pabrik dan saat ini masih tahap penjajakan," terang Fauzan.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id