BPBD Kota Batu Hentikan Sementara Penerimaan Bantuan

    Daviq Umar Al Faruq - 22 Oktober 2019 13:10 WIB
    BPBD Kota Batu Hentikan Sementara Penerimaan Bantuan
    Suasana pengungsi di Balai Desa Punten, Kota Batu, Jawa Timur, Selasa, 22 Oktober 2019. Daviq Umar Al Faruq
    Batu: Bantuan terus berdatangan untuk para pengungsi korban terdampak bencana angin kencang di Kota Batu, Jawa Timur. Oleh karena itu BPBD Kota Batu meminta agar bantuan tersebut dihentikan sementara.

    "Begitu banyaknya bantuan dan dukungan yang mengalir dari segenap lapisan masyarakat, maka BPBD Batu menyatakan sementara tidak menerima bantuan berupa apapun," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim saat dikonfirmasi, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Rochim menjelaskan bantuan yang melimpah di Posko PB BPBD Kota Batu masih banyak yang belum terdistribusikan. Oleh karena itu keputusan untuk menghentikan bantuan tersebut merupakan keputusan tepat.

    Sementara itu terdapat penurunan jumlah pengungsi hingga hari ini Selasa 22 Oktober 2019. Dari yang sebelumnya berjumlah 1.182 orang, kini jumlah pengungsi tinggal menyisakan 891 orang.

    Mereka tersebar di Posko Pengungsi Balai Desa Punten sejumlah 196 pengungsi, Posko Pengungsi Balai Desa Sidomulyo 290 pengungsi, Posko Pengungsi Tulungrejo 290 pengungsi, dan Posko Pengungsi Rumah Dinas Wali Kota 115 Pengungsi.

    "(Penurunan jumlah pengungsi) karena ada yang dijemput keluargannya," pungkas Rochim.

    BPBD Kota Batu sendiri saat ini tengah fokus mengkaji terkait dampak dan kerusakan akibat bencana ini. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan apakah pengungsi masih harus bertahan di pengungsian atau sudah diperbolehkan pulang.

    Sebelumnya diberitakan, bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Angin kencang muncul sejak Sabtu 19 Oktober 2019 pukul 23.30 WIB.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id