Anggaran Pilkada Kabupaten Demak Belum Beres

    Mustholih - 14 Oktober 2019 12:57 WIB
    Anggaran Pilkada Kabupaten Demak Belum Beres
    Ilustrasi/Medcom.id.
    Semarang: Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah menyatakan anggaran penyelenggaraan Kepala Daerah 2020 di Kabupaten Demak belum beres. Seluruh Kabupaten atau Kota di Jateng yang tahun depan ikut menyelenggarakan Pilkada, hanya Kabupaten Demak yang hingga saat ini belum menandatangi nota perjanjian dana hibah daerah (NPHD).

    "Demak masih dalam proses. Karena prinsip anggaran harus dibahas bersama. Kami dorong semua pihak supaya dimulai," kata Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Fajar Subkhi Abdul Kadir Arif, Semarang, Senin, 14 Oktober 2019.

    Fajar menyatakan sebenarnya batas akhir penandatanganan NPHD Kabupaten Demak sudah harus selesai pada 1 Oktober 2019. Namun, hingga batas itu terlewati, NPHD Kabupaten Demak belum tuntas. 

    "Kami melihatnya proses awal entah karena tergesa-gesa atau apa, tapi proses pembahasan terlewati. Pemkab Demak langsung sebut angka yang disetorkan ke DPRD, Padahal sebelum sodorkan angka harus dibahas terlebih dahulu," ujar Fajar menegaskan.

    Meski begitu, Fajar menyatakan kendala ini tidak akan mengganggu tahapan Pilkada Demak. Dia optimistis Pemkab dan Bawaslu Demak bakal segera mencapai kesepakatan bersama. 

    "Kami optimistis dengan semua pihak di Demak, dengan mengedapankan kepentingan bersama, tetap terbuka ruang diskusi mencapai kesepahaman dan kesepakatan," ungkap Fajar.

    Menurut Fajar, Pilkada serentak 2020 di Jateng saat ini sudah memasuki tahap penjaringan bakal calon Kepala Daerah dari jalur perseorangan. Dia mengingatkan KPU Jateng untuk menetapkan jumlah dan persebaran dukungan bagi calon independen pada 26 Oktober 2019. 

    "Sehingga, hari-hari ini mestinya KPU sudah sosialisasi. Kemarin kami sudah ingatkan KPU tentang tahapan perseorangan," tegas Fajar.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id