Asap Karhutla Kembali Selimuti Solok Selatan

    Antara - 14 Oktober 2019 14:59 WIB
    Asap Karhutla Kembali Selimuti Solok Selatan
    Warga memasangi masker kepada anaknya saat akan berangkat sekolah di Padang, Sumatera Barat, Jumat (2/10). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
    Padang Aro: Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, kembali diselimuti kabut asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sudah berlangsung selama sepekan.

    "Kabut asap sudah satu minggu menyelimuti Solok Selatan dan hari ini yang paling pekat," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan Inroni Muharamsyah di Padang Aro, Senin, 14 Oktober 2019.

    Inroni menjelaskan walaupun hujan mengguyur Solok Selatan pada Jumat, 11 Oktober tetapi tidak menghilangkan kabut asap karena kabut tersebut diyakini merupakan kiriman dari Provinsi lain seperti Jambi atau Riau.

    "Hujan hanya di Sumbar sedangkan sumber asapnya berasal dari daerah lain sehingga tidak akan hilang," jelas Inroni.

    Kabut asap di Solok Selatan, sebelumnya sudah hilang pada akhir September 2019 tetapi kembali menyelimuti kabupaten itu sejak awal Oktober.

    Atas kejadian itu Inroni mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, jika memang harus keluar maka diwajibkan menggunakan masker.

    "Kita berharap kebakaran hutan dan lahan bisa teratasi secepatnya sehingga kabut asap tidak ada lagi dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali," pungkasn Inroni. (Syahrum Latupono)



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id