Haedar Nashir: Habibie Peletak Dasar Demokratisasi

    Daviq Umar Al Faruq - 12 September 2019 08:57 WIB
    Haedar Nashir: Habibie Peletak Dasar Demokratisasi
    Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Foto: ANT/Akbar NUgroho Gumay
    Jakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan duka mendalam wafatnya Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menilai Habibie adalah presiden pertama era reformasi yang meletakkan dasar demokratisasi dan menjadi tonggak bagi Indonesia baru. 

    Haedar menerangkan Habibie tampil menjadi negarawan dan demokrat yang sejalan dengan tindakan meski terkait dengan orde baru. Habibie diibaratkan buku terbuka yang menerima kritik publik secara elegan.
     
    "Dia sosok moralis dan rasional yang memadukan imtaq (iman dan taqwa) dan iptek yang sangat relevan bagi bangsa Indonesia di era modern," kata Haedar dalam keterangan resmi yang diterima Medcom.id., Rabu, 11 September 2019.
     
    Tidak banyak tokoh utama di Indonesia yang memiliki karakter dan kualitas lengkap seperti Habibie. Almarhum adalah negarawan sekaligus tokoh kemajuan yang menjadi idola dan tauladan lintas generasi.

    "Semoga bangsa Indonesia belajar dari Pak Habibie," ucap Haedar.
     
    Dalam konteks umat Islam, Habibie juga mengangkat maruah Islam Indonesia yang modern dan berkarakter tanpa kehilangan sikap inklusifnya dalam masyarakat majemuk.
     
    "Beliau peduli pada sumberdaya insani yang unggul dan menguasai teknologi, sekaligus menjadi teladan yang kata sejalan tindakan," ujarnya. 

    Dia menyarankan para elite dan generasi muslim muda belajar dari ketokohan Habibie. Yakni dihormati selaku tokoh besar karena integritas dan keteladanan

    "Kita kehilangan negarawan besar  yang visioner bagi masa depan Indonesia," pungkasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id