comscore

Lumbung Digital Desa Sejiram

Rosa Anggreati - 15 Oktober 2021 16:48 WIB
Lumbung Digital Desa Sejiram
BUMDes Maju Bersama telah meningkatkan produktivitas masyarakat di lebih dari 20 desa di Kabupaten Sambas karena kemudahan layanan jaringan internet (Foto:Dok.Eagle Awards)
Sambas: Sulitnya mengakses internet melatarbelakangi Bambang Iswanto, warga Desa Sejiram, mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Bersama yang bergerak dalam layanan jasa internet. 

Berbagai inovasi digital dilakukan Bambang untuk mengubah Sejiram yang terletak di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menjadi desa cerdas.
Tak hanya Desa Sejiram, kini BUMDes Maju Bersama telah meningkatkan produktivitas masyarakat di lebih dari 20 desa di Kabupaten Sambas karena kemudahan layanan jaringan internet yang diupayakan secara mandiri.

"Mudah-mudahan ini menjadi teladan bagi generasi muda untuk bagaimana membangun Indonesia dan desa-desa terpencil yang belum memiliki akses internet. Layanan akses internet yang belum merata, terutama di kawasan terpencil, menjadi hambatan bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi mereka," ucap Ketua BUMDes Maju Bersama Bambang Iswanto.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari dukungan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Terobosan BAKTI Kominfo membuat masyarakat Sambas yang tadinya sulit mengakses internet, kini mudah dijangkau.

Secara umum Sambas sudah terjemah akses internet, tetapi belum keseluruhan. Masih ada titik-titik tertentu yang belum terjangkau internet.

Terobosan BUMDes Maju Bersama menuai apresiasi Bupati Sambas Sutono. 

"Saya sangat menyambut baik terobosan ini, terutama BUMDes di bawah pimpinan Pak Bambang. Ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain. Beliau berhasil melakukan inovasi dengan mendirikan BUMDes Maju Bersama yang bergerak dalam layanan jasa internet,” kata Sutono.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id