Sejumlah Kota Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir

    Antara - 30 September 2021 06:47 WIB
    Sejumlah Kota Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir
    Ilustrasi - BMKG: Hujan lebat berpotensi landa sejumlah daerah di Indonesia



    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

    Berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, cuaca ekstrem tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat.

     



    Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

    Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Sumatera Barat, Jambi, Sulawesi Selatan, Papua Barat.

    Baca: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Sangihe

    BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano - Bengkulu, Perairan Barat Lampung, dan Teluk Lampung bagian Selatan.

    Kemudian, di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, serta Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

    Sedangkan gelombang sangat tinggi 4-6 meter diprakirakan terjadi di Samudra Hindia Barat Sumatra. Masyarakat pesisir dan bidang pelayaran diharapkan mewaspadai potensi gelombang tinggi tersebut.


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id