Mengintip Maudu Adaka Ri Gowa, Peringatan Maulid Nabi ala Gowa

    MetroTV - 28 Oktober 2021 18:26 WIB
    Mengintip Maudu Adaka Ri Gowa, Peringatan Maulid Nabi ala Gowa
    Acara ini digelar di Istana Tamalate Balla Lompoa dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Metro T



    Jakarta: Lembaga adat Kerajaan Gowa menggelar acara Maudu Adaka Ri Gowa atau peringatan puncak Maulid Nabi Muhammad dengan cara adat kerajaan Gowa. Acara ini digelar di Istana Tamalate Balla Lompoa dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

    “Tentunya kegiatan ini walaupun dalam kondisi pandemi covid, tetapi tetap kita laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Raja ke-38 Gowa Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 28 Oktober 2021.

     



    Acara ini dihadiri oleh Raja Gowa ke-38 beserta permaisuri dan 24 anggota pemerhati budaya se-Sulawesi Selatan. Peringatan Maulid Nabi kali ini dimulai dengan pemberian gelar kehormatan kepada perwakilan kerajaan di Sulawesi Selatan yang hadir dalam acara Maudu Adaka.

    Dalam acara ini juga dihadirkan kanre maudu atau nasi maulid yang dihiasi dengan daun sirih. Daun sirih yang merambat memberikan makna dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan.

    Maudu adaka memang telah dilaksanakan sejak sekitar abad ke-16 atau ketika agama Islam mulai masuk ke Gowa. Banyak pesan yang terkandung dalam acara ini, diantaranya untuk mempererat silaturahmi antara keluarga kerajaan, pemerintah dan masyarakat.

    “Itu banyak makna, kita harus tarik dalam antara lain adalah silaturahmi antara keluarga besar Kerajaan Gowa dengan masyarakat dan pemerintah dalam hal ini Bapak Bupati,” jelas Andi Kumala. (Widya Finola Ifani Putri)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id