102 Desa di NTT Belum Distribusikan Bansos Tunai Covid-19

    Antara - 30 Juli 2020 12:30 WIB
    102 Desa di NTT Belum Distribusikan Bansos Tunai Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Kupang: Sebanyak 102 desa di Nusa Tenggara Timur belum mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk warga miskin terdampak pandemi covid-19.

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Nusa Tenggara Timur, Samuel Rebo, mengatakan alokasi dana desa tahun ini mencapai Rp3 triliun lebih. Jumlah itu diperuntukkan bagi 3.026 desa se-NTT.

    "Masih ada 102 desa yang belum mendistribusikan BLT DD untuk warga tidak mampu yang terdampak pandemi covid-19 di NTT," kata Samuel, Kamis, 30 Juli 2020.

    Menurut Samuel, dampak pandemi virus korona membuat dana desa yang semula dialokasikan untuk mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi dan pembangunan infrastruktur, menjadi berkurang karena sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan covid-19.

    Baca juga: Baiturrahman Aceh Sembelih 300 Ekor Hewan Kurban

    Ia mengatakan dana desa untuk penanganan pandemi covid-19 di NTT mencapai Rp425 miliar melalui program BLT DD guna membantu warga tidak mampu di 3.026 desa.

    Samuel melanjutkan, menjelang akhir Juli 2020 terdapat 2.924 desa yang telah merealisasikan penyaluran BLT Dana Desa. Tersisa, 102 desa.

    Menurut dia, pergantian kepala desa menjadi salah satu kendala sehingga distribusi BLT DD belum bisa dilakukan.

    "Selain itu ada kepala desa yang sedang dalam proses hukum. Sehingga penyaluran BLT DD juga belum bisa direalisasikan,"  tegasnya.

    Pemerintah Provinsi NTT, imbuh Samuel, mendorong pemerintah kabupaten melakukan berbagai upaya sehingga distribusi BLT DD bisa segera dilakukan.

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id