Pemprov Jatim Diminta Menutup Semua Tempat Wisata

    Amaluddin - 17 Maret 2020 22:31 WIB
    Pemprov Jatim Diminta Menutup Semua Tempat Wisata
    Gubernur Jawa TImur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
    Surabaya: Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah, mendesak Pemprov Jatim lebih serius mencegah penyebaran virus korona. Selain meliburkan sekolah, pemerintah juga diminta segera menutup tempat-tempat wisata.

    "Saya harap Pemprov Jatim benar-benar serius mengambil kebijakan mencegah korona, karena virus ini tidak bisa diremehkan. Sehingga tempat-tempat wisata juga harus ditutup total untuk sementara ini," kata Athoillah saat dikonfirmasi, Selasa, 17 Maret 2020.

    Baca: ABK Penyebar Hoaks Virus Korona di Kepri Ditangkap

    Athoillah menjelaskan meski wisata memiliki nilai ekonomi, penyebaran virus korona harus tetap mendapat perhatian khusus agar warga Jatim tidak terpapar. Athoillah meminta Pemprov Jatim lebih memikirkan jangka panjang kehidupan warganya.

    "Jangan sampai keselamatan (dari korona), rasa aman dan nyaman masyarakat "digadaikan", lebih mengutamakan wisata dengan nilai lebih. Hemat saya, tempat wisata harus ditutup melihat kondisi saat ini," jelas Athoillah.

    Namun jika penutupan total tempat wisata tidak bisa dilakukan, Athoillah meminta pemprov atau kabupatan/kota membatasi kapasitas jumlah pengunjung setiap harinya. "Kapasitas pengunjung dibatasi agar tidak berjubel, untuk menghindari kontak langsung antar wisatawan," ungkap Athoillah.

    Selain itu, Pemprov juga harus meminta pihak pengelola wisata menyiapkan dan menyiagakan ruang isolasi, dokter spesialis, hand sanitizer, serta melakukan tes suhu badan bagi wisatan yang akan masuk tempat wisata. Hal itu penting mengantisipasi mencegah korona.

    "Pengelola wisata juga harus tegas, melarang anak usia sekolah untuk masuk ke tempat wisata. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah meliburkan sekolah (belajar di rumah)," pungkas Athoillah.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id