Travel Umrah Diminta Tenangkan Calon Jemaah

    Daviq Umar Al Faruq - 27 Februari 2020 18:55 WIB
    Travel Umrah Diminta Tenangkan Calon Jemaah
    Ilustrasi ibadah haji dan umrah. MI/Dika Kardi
    Malang: Kementerian Agama Kabupaten Malang mengimbau para travel umrah untuk menenangkan para calon jemaah umrah. Imbauan dilakukan setelah Pemerintah Arab Saudi menunda menerima jemaah umrah untuk sementara, termasuk dari Indonesia.

    "Biro-biro perjalanan itu saja yang harus bersabar menyampaikan ke jemaahnya, karena kasian sudah siap-siap," kata Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Musta’in, Kamis, 27 Februari 2020. 

    Musta’in mengaku, pihaknya belum menerima laporan resmi dari Kemenag Pusat terkait penundaan calon jemaah umrah dari Arab Saudi. Hingga saat ini pihaknya masih belum menerima keluhan dari travel pelaksana umrah.

    "Kalau pelayanan di kami tetap berlangsung dan enggak terpengaruh. Kalau kita di daerah, ikuti yang di atas (pusat) saja," katanya. 

    Baca: Larangan Jemaah Indonesia Umrah Dinilai Tak Relevan

    Sementara itu, salah satu travel umrah, PT Tiga Cahaya Utama, berencana akan memberangkatkan sebanyak 155 calon jemaah umrah pada Maret 2020 mendatang.

    Sebanyak, 45 calon jemaah diberangkatkan pada minggu pertama, 45 calon jemaah di minggu kedua dan 65 calon jemaah di minggu ketiga.

    "Saat ini kami masih mengimbau mereka agar tenang. Kami beri pengertian juga, karena ini juga demi kebaikan dan keselamatan mereka," kata, Direktur PT Tiga Cahaya Utama, Bahtiar Effendi,.

    Disisi lain, Effendy mengaku pihaknya juga sedang berkomunikasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) serta pihak hotel di Arab Saudi terkait penundaan sementara jemaah umrah tersebut.

    "Kami sudah komunikasikan, dan pemerintah Indonesia juga membantu kami untuk bernegosiasi dengan pihak jasa penginapan maupun maskapai di sana. Karena jemaah yang booking tidak sedikit," jelasnya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id