Jumlah PDP dan ODP di Papua Meningkat

    Roylinus Ratumakin - 23 Maret 2020 12:22 WIB
    Jumlah PDP dan ODP di Papua Meningkat
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Jayapura: Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua, terus meningkat. Data per 23 Maret 2020 pukul 06.00 WIT, jumlah PDP yang diisolasi mencapai 15 orang sedangkan ODP sebanyak 480 orang.

    Juru bicara penanganan covid-19 Papua, Silwanus Sumule, mengatakan, jumlah itu meningkat dari data sehari sebelumnya yakni 14 orang PDP dan 479 ODP. Jumlah pasien terbanyak berada di Kabupaten Merauke.

    “PDP terbanyak ada di Merauke, ada tujuh orang dan dua di antaranya positif covid-19. Sisanya, tiga PDP di rumah sakit Marthen Indey, satu PDP di RS Dian Harapan, satu pasien di RSUD Abepura, satu pasien di RSUD Jayapura, dan dua pasien di RSUD Biak,” beber Silwanus, Senin, 23 Maret 2020.

    Menurut Silwanus, dari 15 PDP itu baru enam sampel yang sudah diketahui statusnya. Sedangkan sembilan sampel sedang dalam proses pemeriksaan.

    Baca juga: Bayi PDP di Jayapura Dinyatakan Negatif Covid-19

    Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua juga menyiapkan opsi lockdown, bila jumlah PDP terus meningkat. Opsi itu akan diputuskan dalam beberapa hari ke depan setelah mendapatkan perkembangan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Papua.

    “Saya masih memberikan kesempatan kepada Satgas untuk melakukan pemetaan penyebaran virus. Kalau semakin mengkhawatirkan, opsi lockdown akan saya ambil untuk menyelamatkan masyarakat di Papua,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe.

    Dia mengaku bakal menutup pintu masuk menuju Papua melalui bandara dan pelabuhan selama 14 hari. Penutupan pintu masuk diyakini mampu menekan angka penyebaran virus korona.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id