Masyarakat Bisa Uji Independensi Calon Anggota PPK

    Farhan Dwitama - 13 Februari 2020 11:49 WIB
    Masyarakat Bisa Uji Independensi Calon Anggota PPK
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan menyatakan masyarakat bisa ikut serta menguji independensi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK).

    Komisioner KPU bidang Sosialisasi, Ade Wahyu, mengatakan, setelah dinyatakan lolos seleksi wawancara, masyarakat bisa menyampaikan kritik maupun saran atau masukan terkait calon anggota PPK.

    "Kami libatkan semua. Tokoh masyarakat, ormas kepemudaan, siapapun masyarakat, boleh memberikan saran dan masukan terhadap nama-nama calon PPK yang lolos. Ini untuk memastikan PPK yang kami akan lantik tidak berafiliasi dengan partai politik ataupun menjadi bagian dari pendukung salah satu calon," ucap Ade, Kamis, 13 Februari 2020.

    Ade mengatakan seleksi wawancana telah berlangsung pada 8-10 Februari 2020 dan diikuti oleh 65 orang peserta. Tes wawancara untuk mendalami integritas dan kapabilitas calon PPK melaksanakan tugas kepemiluan.

    Lebih lanjut, kata Ade, pengumuman hasil tes wawancara akan keluar pada 15-21 Februari. Pada tenggat waktu tersebut, masyarakat boleh menguji independensi calon PPK melalui KPU.

    "Misal si A disebut masyarakat merupakan kader partai atau pendukung pasangan B, nanti akan kita klarifikasi ke calon PPK bersangkutan. Jika dianggap tidak layak, kita tidak lantik. Namun jika tidak terbukti kita akan lantik sesuai aturan dan ketentuan etika," jelasnya.

    Ia menambahkan seleksi PPK kota Tangsel hanya akan meloloskan dan melantik 35 anggota termasuk unsur ketua di masing-masing kecamatan. 

    "Dengan tujuh wilayah kecamatan yang ada, hanya akan diisi oleh lima orang anggota termasuk satu ketua," pungkasnya.





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id