3 Kali Gempa Mengguncang Kabupaten Bandung

    Depi Gunawan - 05 Februari 2020 14:11 WIB
    3 Kali Gempa Mengguncang Kabupaten Bandung
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Bandung: Wilayah Kabupaten Bandung diguncang tiga kali gempa bumi, Rabu, 5 Februari 2020. Melansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa pertama terjadi pukul 08.31 WIB dengan kekuatan 2,9 magnitudo pada jarak 12 kilometer barat daya Kabupaten Bandung kedalaman 12 kilometer.

    Kemudian pukul 08.39 WIB dengan magnitudo 2,8 di darat dengan jarak 22 kilometer tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 5 kilometer. Serta pukul 08.47 WIB dengan 3,5 magnitudo berjarak 24 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, dengan kedalaman 3 kilometer. BMKG memastikan gempa bumi tektonik ini tidak berpotensi tsunami.

    "Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," ungkap Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, Rabu, 5 Februari 2020.

    Dia menuturkan gempa ini dirasakan di wilayah Pangalengan dengan Skala Intensitas II - III MMI. Dia memastikan belum ada laporan kerusakan akibat gempa. 

    Hingga laporan terakhir, dia menerangkan, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) pukul 08.54 WIB dengan magnitudo 2.4 terletak pada koordinat 7.21 LS dan 107.60 BT berada di darat pada jarak 22 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 4 kilometer. Kemudian pukul 08.56 WIB dengan 2,8 magnitudo di 17 kilometer Barat Laut Kota Tasikmalaya.

    "Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG karena kami akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," tuturnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id