Dua Kecamatan di Jember Diterjang Banjir Bandang

    Amaluddin - 02 Februari 2020 05:46 WIB
    Dua Kecamatan di Jember Diterjang Banjir Bandang
    Situasi lokasi banjar bandang di Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. (Dok: BPBD Jatim)
    Surabaya: Banjir bandang di Kabupaten Jember terjadi di dua kecamatan. Selain di Kecamatan Sukorambi, banjir juga terjadi di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang.

    "Akibat intensitas hujan yang tinggi, debit air sungai Kalijompo meluap ke pemukiman penduduk, dan kemudian meluap hingga masuk ke dalam sekitar 10 rumah warga. Sehingga, banyak yang terpendam air dengan ketinggian air 15 sentimeter," kata Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal, kepada Medcom.id, Sabtu, 1 Februari 2020.

    Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Warga terdampak banjir juga telah dievakuasi ke tempat aman, dibantu oleh TNI, Polri, Tagana, BPBD Jember, dan sejumlah relawan lainnya.

    Alfian memimpin langsung kegiatan aksi tanggap dan siaga bencana banjir tersebut. Bersama jajarannya memantau pemukiam warga terdampak banjir di Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang.

    Selain melaksanakan monitoring, Alfian menghimbau masyarakat yang terdampak banjir, agar selalu waspada dan mengawasi anak-anaknya supaya tidak bermain disekitar sungai. Hal ini bertujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

    "Kami khawatir nantinya akan ada banjir susulan, mengingat intensitas cuaca hujan masih cenderung tinggi. Maka itu, kami himbau untuk melakukan evakuasi mandiri dan segera melaporkan ke pihak terkait. Utamakan keselamatan jiwa," kata Alfian.

    Saat ini, lanjut Alfian, kepolisian terus berkoordinasi dengan Basarnas dan BPBD Kabupaten Jember untuk menyiapkan tenda darurat di lokasi terdampak bencana banjir. Kemudian menyiapkan dan mensiagakan kekuatan personil, dan logistik penanggulangan bencana alam.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id