Kapasitas Ruang Perawatan Covid-19 di Sleman Masih Tersedia

    Ahmad Mustaqim - 29 Juli 2020 15:25 WIB
    Kapasitas Ruang Perawatan Covid-19 di Sleman Masih Tersedia
    ilustrasi Medcom.id
    Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan kapasitas ruang perawatan pasien terjangkit covid-19 masih aman dalam beberapa waktu ke depan. Sejumlah skenario disiapkan menyusul peningkatan jumlah kasus dalam sepekan terakhir.

    "Kapasitas RS masih memenuhi sebulan ke depan, andai tren kasus masih meningkat," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, saat dihubungi, Rabu, 29 Juli 2020.  

    Baca: Polda Jateng Tindak 7.571 Pelanggar Lalu Lintas

    Joko mengatakan pihaknya akan memberdayakan segala daya termasuk keberadaan beberapa RS yang ada. Meskipun ada RS yang semula menyatakan ada ratusan bed tempat tidur, setelah diverifikasi hanya puluhan yang siap.

    "Seperti di RSA UGM, menyatakan ada penambahan 107, yang siap 26. Ada beberapa RS lain yang jadi rujukan, di luar (RSUP Dr) Sardjito, ada 115-117 bed," jelasnya.

    Ia menyatakan masih ada RS kelas menengah yang bisa dimodifikasi untuk penanganan dalam kondisi darurat. Kapasitasnya ditaksir bisa mencapai 40 bed.

    "Artinya (kondisi darurat) terkumpul di satu tempat, dibuat tempat isolasi. Jumlah RS menengah ada 13. Belum termasuk RS tertentu, missal (RS) Mitra Paramedika, bisa 6 (bed). Ditotal, masih 115 ditambah 40," ungkapnya.

    Hingga kini ada 58 pasien positif covid-19 di Sleman yang masih dirawat, dari total 187 kasus. Selain itu ada 122 pasien sembuh. Sebagian pasien asal Sleman dirawat di luar kabupaten tersebut.
     
    Pihaknya belum memikirkan penggunaan Asrama Haji Yogyakarta di Jalan Padjadjaran untuk merawat pasien positif covid-19. Ia mengatakan perizinan tempat itu dipakai untuk orang yang reaktif selesai rapid tes.

    "(Jika memang dibutuhkan) kami akan memberikan penjelasan (kepada pengelola (Asrama Haji). Kita masih mengandalkan RS di Kabupaten Sleman," ujarnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id