Dampak Korona, Pengunjung Wisata di Jepara Menurun

    Rhobi Shani - 16 Maret 2020 18:40 WIB
    Dampak Korona, Pengunjung Wisata di Jepara Menurun
    Wisatawan asing yang hendak ke Karimunjawa diperiksa suhu bandannya.
    Jepara: Aktivitas pariwisata di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tetap buka dan berjalan normal. Meski dibuka, namun jumlah kunjungan wisatawan turun.

    Manajer Objek Wisata Pantai Kartini, Joko Wahyu, mengatakan terjadi penurunan pengunjung sejak sepekan terakhir. Meski begitu, pihaknya tetap memperhatikan kebersihan lingkungan di kawasan Pantai Kartini.

    “Tidak seramai kemarin-kemarin,” kata Joko, Senin, 16 Maret 2020.

    Manajer Museum Kartini Jepara, Subianto, mengungkapkan penurunan pengunjung museum sampai 50 persen. Penurunan kunjungan wisatawan secara drastis setelah Solo dinyatakan kejadian luar biasa (KLB) virus korona.

    “Hari Minggu biasanya (pengunjung) bisa sampai belasan bus, kemarin tidak ada. Apa lagi ini menjelang April. Bulan lahirnya RA Kartini biasanya pengunjung naik, tapi ini tidak,” kata Subianto.

    Kabid Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto, mengatakan berdasarkan manifes kapal penyebrangan dari Jepara ke Karimunjawa terjadi penurunan penumpang hingga 30 persen. Sementara penurunan kunjungan wisatawan asing sampai 50 persen.

    “Penyebarangan hari ini kapasitas kapal 400 penumpang tapi hanya terisi 290 penumpang. Wisatawan asing biasanya bisa sampai 30 orang, tadi kurang dari 10,” ungkap Suroto. 

    Pemerintah Kabupaten Jepara telah meliburkan sekolah selama dua pekan mulai hari ini. Itu untuk penanggulangan virus korona atau covid-19. Sejumlah agenda pemerintah kabupaten yang mendatangkan banyak orang pun ditunda. Namun untuk aktivitas pariwisata masih berjalan normal, tidak ada penutupan objek wisata.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id