53 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar

    Gonti Hadi Wibowo - 27 Agustus 2020 08:50 WIB
    53 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar
    Satgas berupaya memadamkan api di Kabupaten Banyuasin yang saat ini masih belum padam, Rabu, 26 Agustus 2020. Dokumentasi/ istimewa
    Palembang: Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) melanda dua kabupaten di Sumsel yakni Ogan Ilir dan Banyuasin, Rabu, 26 Agustus 2020. Total luas lahan yang terbakar mencapai 53 hektare.

    Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan pihaknya saat ini masih berusaha memadamkan 7,5 hektare lahan yang masih terbakar.

    "Satgas gabungan baik darat maupun udara masih terus berusaha untuk memadamkan api. Kendalanya di lapangan Satgas darat sulit untuk sampai ke dalam lokasi," kata Ansori saat dikonfirmasi, Kamis, 27 Agustus 2020.

    Baca: Serapan Stimulus Pajak Jatim Rendah

    Ansori menjelaskan Karhutla yang terjadi di dua kabupaten tersebut berada di lima lokasi. Dengan rincian di Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir sebanyak dua hektare dengan baru satu hektare yang dipadamkan.

    Kedua di Dusun Setia Harapan, Desa Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin mencapai 20,8 hektare dan baru padam empat hektare dipadamkan. Ketiga, di desa Tebing Abang, Rantau Bayur, kabupaten Banyuasin seluas empat hektare dan belum dipadamkan.

    Keempat di desa Banyu Urip, Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin lahan terbakar 18,2 hektare dan baru padam satu hektare. Kelima, di desa Rambutan, Kabupaten Banyuasin lahan terbakar 8 hektare dan lahan padam 1,5 hektare.

    "Rata-rata lahan yang terbakar itu lahan mineral. Namun, ada juga sebagian gambut tapi bukan gambut dalam," jelasnya.

    Pihaknya menduga lahan yang terbakar itu ada unsur kesengajaan dari oknum warga yang ingin membuka lahan baru dengan cara dibakar.

    "Laporan awal yang saya terima dugaannya memang ada faktor kesengajaan. Tetapi fokus kita sekarang untuk memadamkan api terlebih dahulu," katanya.


     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id