Pemkab Sigi Fokus Berantas Stunting

    Antara - 20 Mei 2020 12:27 WIB
    Pemkab Sigi Fokus Berantas <i>Stunting</i>
    ilustrasi Medcom.id
    Sigi: Pemerintah Kabupaten Sigi tengah fokus menangani masalah stunting untuk memperbaiki kesejahteraan sosial. Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, mengatakan stanting menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan sejak beberapa tahun lalu.

    "Pemberantasan stunting menjadi satu fokus Pemkab Sigi," kata Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Rabu, 20 Mei 2020.

    Baca: Pola Hidup Sehat Mencegah Covid-19 Sekaligus Menghalau Stunting

    Irwan menjelaskan angka kasus stunting di Sigi pada 2019 dengan status pendek dan sangat pendek untuk usia 0-23 bulan mencapai 1.199 kasus atau 20,2 persen, sementara untuk usia 0-59 bulan mencapai 3.580 kasus atau 24,7 persen.

    Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

    Anak tergolong stunting apabila panjang atau tinggi badannya berada di bawah minus dua standar deviasi panjang atau tinggi anak seumurnya.

    Menurut Irwan angka kasus stunting di Kabupaten Sigi jika merujuk pada data tersebut, terbilang masih tinggi. Dia memastikan stunting merupakan satu ancaman serius dalam upaya mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan sehat di masa mendatang.

    "Stunting menjadi satu proyek yang harus kita selesaikan saat ini, karena stunting merupakan ancaman utama bagi kualitas manusia, juga sebagai ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa ini," pungkas Irwan.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id